UNU Purwokerto Siap Tampung Mahasiswa dengan Kesulitan Ekonomi

Ditulis 24 Jun 2017 - 12:13 oleh Yit BNC

PURWOKERTO, BNC – Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Purwokerto mulai menerima mahasiswa baru tahun ajaran 2017/2018. UNU menawarkan tujuh program studi eksata, dan enam program studi sosial humaniora. Bagi calon mahasiswa dengan latar belakang kesulitan ekonomi akan mendapat keringanan.

Ketua Tim Pendiri UNU Purwokerto, Prof Dr Ir. Akhmad Sodiq, M.Sc.agr mengatakan, UNU telah mendapat ijin operasional berdasar Surat Keputusan Kemenristekdikti No.494/KPT/I/2016, tanggal 30 Nopember 2016.  Tenaga pengajar merupakan akademisi lulusan luar dan dalam negeri yang telah memiliki pengalaman di sejumlah universitas, termasuk Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto. “Ada 40 tenaga pengajar berkualitas, 16 diantaranya bergelar profesor, dan sisanya sebagian besar lulusan S-3,” kata Akhmad Sodiq, Sabtu (24/6).

Akhmad Sodiq yang juga dekan Fakultas Peternakan Unsoed Purwokerto mengatakan, program studi yang dibuka untuk eksata yakni agroteknologi, teknologi pangan, teknik pertanian dan biosistem, peternakan, ilmu perikanan, biologi dan matematika. Sedang untuk program studi sosial humaniora terdiri  manajemen, akutansi, administrasi publik, hukum, hukum syariah, dan pendidikan bahasa Inggris.

Pendaftaran calon mahasiswa dengan menyerahkan foto copi  Ijazah/SKL/Surat Ket. Sekolah, pasphoto berwarna 4×6 tiga buah. Waktu registrasi, tgl 5-23 Juni (Gelombang I), 3-31 Juli (Gel II) dan 1-31 Agst (Gel III) pada hari kerja Senin-Sabtu Jam 07.30-16.00. Tempat pendaftaran di kampus I UNU Jln. Sultan Agung 42 Karangklesem Purwokerto Selatan atau secara online melalui website www.unupurwokerto.ac.id. Bisa juga menghubungi nomor 081332755248 (HP),  081225651308 (WA) dan 081210084666 (HP/WA).

“Kami juga memberikan kemudahan berupa bebas biaya registrasi dan  pembangunan, biaya Pendidikan SPP disesuaikan kemampuan, disediakan beasiswa dan pengurangan/pembebasan SPP. Serta mengupayakan asrama/pondokan dengan biaya terjangkau. Yang mengalami kesulitan ekonomi untuk melanjutkan kuliah, akan kami bantu seminimal mungkin untuk SPP. Untuk biaya hidup makan dan pondokan sekitar 300 ri per bulan,” kata Akhmad Sodiq.

Akhmad Sodiq menambahkan, visi yang dicanangkan UNU Purwokerto adalah menjadi universitas yang unggul dalam menghasilkan sumberdaya manusia (SDM) dan pengembangan IPTEKS berdasarkan nilai-nilai keislaman, kearifan lokal dan berwawasan global. Sedang misinya, menyelenggarakan pendidikan guna menghasilkan sumberdaya manusia bermoral yang memiliki nilai-nilai keislaman dan kearifan lokal, kompetensi akademik berwawasan global, kemampuan kepemimpinan, kewirausahaan, kemampuan memecahkan masalah untuk pembangunan masyarakat Indonesia.

“Misi selanjutnya adalah menyelenggarakan penelitian untuk pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, budaya dan seni berlandaskan nilai-nilai keislaman yangberorientasi global guna menjawab permasalahan nasional dan meningkatkan kualitas hidup dan peradaban, serta menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dalam memenuhi kebutuhan masyarakat dan industri menuju terciptanya masyarakat madani yang ber-Bhineka Tunggal Ika,”  tambah Akhmad Sodiq. (tgr)

Tentang Penulis

Leave A Response