Pramuka Penggalang Purbalingga Ikuti Pesantren Ramadhan

Ditulis 23 Jun 2017 - 15:01 oleh Banyumas1
BanyumasNews.com, PURBALINGGA – Bulan Ramadhan menjadi moment yang tepat untuk mengadaan kegiatan terkait endidikan karakter. Seperti yang dilakukan oleh Pramuka Kwarcab Purbalingga, Jawa Tengah, ynag menyelenggarakan Pesantren Pramuka Penggalang selama 2 hari 1 malam di Sanggar Bhakti Pramuka, Rabu-Kamis (21-22/6/2017) lalu. Kegiatan ini bertujuan untuk  mencari keridhoan Allah dan meningkatkan Iman/Taqwa kepada Allah serta membentuk anggota Pramuka yang berakhlakul karimah.

Waka Bina Muda Kwarcab Purbalingga, Sutarjo, mengatakan kegiatan pesantren diikuti oleh utusan dari pangkalan SMP/MTs yang ada di Purbalingga, dengan komposisi 1 orang putra dan 1 orang putri per utusan. Pada kegiatan ini materi diberikan oleh pengurus Kwarcab dan para narasumber yang profesional di bidangnya.

Materi yang diberikan berupa Tauhid, Fiqih (Wudhu, dan Sholat), badah Halaqoh Qur’an, Shodaqoh dan Sholat Berjama’ah, Akhlak /Adab-adab (adab makan, adab tidur dan istinja, adab kepada orang tua, teman dan sesama), Bimbingan teknis mengurusi jenasah, Bimbingan teknis bersuci, Bimbingan teknis ceramah di depan mimbar, Mengenal Bahasa Arab, Tadarus , Hafalan suratan dan doa harian.

“Serap semua materi yang diberikan, amalkan ilmu tersebut dalam kehidupan sehari hari, dan jangan lupa berbagilah tentang pengetahuan yang adik – adik dapatkan agar kalian bisa mendapat pahala yang berlipat,” pesan Sutarko.

Selain peserta diatas, kegiatan juga diikuti oleh calon kontingen Lomba Tingkat IV. Sutarko juga menambahkan bahwa antusias dan semangat peerta dalam kegiatan ini sangat bagus.

Sedangkan ketua Panitia Penyelenggara Pesantren Pramuka Penggalang mengatakan pertemuan merupakan wadah untuk mempererat ukhuwah Islamiyah sesama anggota Pramuka. Kemudian juga sebagai ajang saling tukar menukar ilmu apa yang anda dapatkan, karena ilmu yang baik adalah ilmu yang bermanfaat dan ilmu yang ditularkan pada orang lain. (BNC/Sapto)

 

Tentang Penulis

Leave A Response