Apel Pengamanan Gabungan Pariwisata Digelar di Baturraden

Ditulis 21 Jun 2017 - 19:56 oleh Banyumas1

BanyumasNews.com, BATURRADEN – Kapolres Banyumas AKBP Azis Andriansyah, S.H., S.I.K memimpin apel siaga gelar pasukan pengamanan gabungan pariwisata (Pamgab Pariwisata), Rabu (21/6/2017) di area  parkir terpadu sebelah timur Wisma Pondok Slamet Baturraden. Apel diikuti oleh TNI, POLRI, SATPOL PP, Dinporabudpar, Polisi Hutan, PMI/Puskesmas, PMPB, Jagabaya, Pramuka (Ubaloka), RAPI, Tagana dan Linmas.

Turut hadir pada apel ini Dandin 0701/BMS, Forkompinda, Asekbag, Kepala Dinhub, Perhutani dan undangan lainya.

Kapolres Banyumas, saat membacakan sambutan Bupati Banyumas Achmad Husein mengatakan,  apel kesiapan Pamgab pariwisata merupakan langkah persiapan, checking personil, perlengkapan, lokasi dan cara kerja tim pamgab pariwisata dalam menghadapi libur Hari Raya Idul Fitri Tahun 1438 Hijriyah / tahun 2017.

“Apel ini bukan sekedar formalitas, tetapi dimaksudkan untuk  mewujudkan adanya kesamaan pemahaman dari segenap komponen pamgab, sehingga mampu bekerjasama dan bersinergi dalam pengamanan obyek-obyek wisata, sesuai tugas, fungsi, tanggungjawab dan kapasitasnya masing-masing. Pasca Idhul Fitri obyek-obyek wisata akan diburu oleh para wisatawan, maka diperlukan kesiapan dalam hal pengamanan obyek-obyek wisata sehingga para pengunjung akan merasa tenang, senang, aman dan nyaman,” kata Kapolres.

Kapolres Banyumas AKBP Azis Andriansyah pimpin apel Pamgab Pariwisata

Kepada personil yang terlibat dalam Pamgab Pariwisata, Kapolres menghibau agar menjalin komunikasi, koordinasi dan kerjasama  yang baik dalam pelaksanaan tugas, fungsi, tanggung jawab dan kewenangannya, mengantisipasi pengaturan lalu lintas pada tempat-tempat kerawanan / penumpukkan pengunjung seperti di terminal, loket wisata, dan tempat-tempat lainnya. Juga untuk bersikap ramah, lemah lembut, sopan dan atraktif kepada para wisatawan.

“Hindari sikap / tindakan yang meresahkan pengunjung, dan memaksakan kehendak dan lainnya, sehingga Banyumas akan menjadi Mbetaih dan Ngangeni,” lanjut Kapolres.

Sementara itu Kepala Dinporabudpar Kabupaten Banyumas Drs Aziz Kusumandani mengatakan, Pemkab telah membuat beberapa Pos Pengamanan Gabungan Pariwisata (PAMGAB) di seluruh obyek wisata yang ada di Kabupaten Banyumas, yakni di Lokawisata Baturraden, Balai Kemambang, Taman Rekreasi Andhang Pangrenan, Pangsar Sudirman, dan Tirta Husada Kalibacin.

“Kita akan menerjunkan 196 personil gabungan untuk bisa membantu kenyamanan para wisatawan yang berkunjung di obyek wisata,” kata Aziz.

Sedangkan untuk menciptakan kenyamanan para pengunjung khusus ke lokaswisata Batturaden, telah diatur jalan masuk/naik, arus keluar dan penempatan kantong-kantong parkir,  baik untuk kendaraan pribadi, bus pariwisata maupun roda dua. (BNC/pars)

Tentang Penulis

Leave A Response