SMK YPT 1 Purbalingga Gelar Pesantren Ramadhan

BanyumasNews.com, PURBALINGGA – SMK YPT (Yayasan Pendidikan Teknologi) 1 Purbalingga, pada bulan Ramadhan tahun 1438 H (2017 M) ini mengadakan kegiatan Pesantren Ramadhan dengan tajuk “Santri Kilat”.

Kegiatan tersebut diselenggarakan selama tiga hari ini, pada 12-14 Juni 2017 lalu, bertempat di SMK YPT 1 Jl. Mayjend Sungkono KM 3, Selabaya, Kalimanah, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah.

Waka Humas SMK YPT 1 Nurakhman Aji Susanto, SE mengatakan, selain bertempat di SMK YPT 1 Purbalingga, para siswa juga dikirim ke Pondok Pesantren Mamba’ul Ihsan Al Baedowi Desa Karang Pucung, Kecamatan Kertanegara, Purbalingga. Di sana peserta “santri kilat” selain mendapatkan pengetahuan agama baik Muamalah, Fiqih, Ibadah, Tadarus Al Qur’an, mereka juga dilatih seni bela diri.

“Nilai yang terkandung dalam kegiatan pesantren Ramadhan ini diantaranya adalah adanya suasana kebersamaan dan kesederhanaan, adanya suasana kekerabatan dan kekeluargaan, peningkatan pengalaman, penghayatan, dan praktik dalam kehidupan sehari-hari”, kata Aji.

Kegiatan latihan bela diri SMK YPT 1 Purbalingga
Pesantren Ramadhan SMK YPT 1 Purbalingga

Tujuan diadakannya kegiatan Pesantren Ramadhan ini, lanjutnya, adalah meningkatkan pemahaman, penghayatan, dan pengamalan siswa tentang ajaran agama Islam sehingga menjadi manusia muslim yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT serta berakhlak mulia dalam kehidupan pribadi, bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Sementara itu, Pengasuh Pondok Pesantren Mamba’ul Ihsan Al Baedowi, Kyai Baedowi sangat mengapresiasi SMK YPT 1 Purbalingga yang mengadakan kerjasama program pesantren kilat tersebut, dimana tahun ini merupakan tahun kedua para siswa SMK YPT 1 Purbalingga dikirim untuk dididik dan dibina mental dan spiritualnya di pondok pesantren tersebut.

Kyai Baedowi juga menyatakan, pesantrennya siap terbuka untuk kegiatan pesantren Ramadhan dilaksanakan secara rutin di tahun berikutnya. (BNC/ist/*)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*