Apel Gelar Pasukan Ramadniya 2017, Wujud Kesiapan Pengamanan Lebaran

Ditulis 20 Jun 2017 - 09:34 oleh Banyumas1

BanyumasNews.com, PURWOKERTO – Bupati Banyumas Ir Achmad Husein memimpin Apel Gelar Pasukan Ramadniya 2017 di Jajaran Polres Banyumas. Apel dilaksanakan di Jalan Jenderal Sudirman Alun-alun Purwokerto diikuti oleh Jajaran TNI, Denpom, Jajaran Polres Banyumas, Dinas Perhubungan, Satuan Polisi Pamong Praja, BPBD, ORARI, RAPPI, TAGANA, UBALOKA, Pramuka dan Ormas Pemuda.

Kesiapan petugas ditandai dengan penyematan pita pertanda dimulainya operasi ramadniya yang akan berlangsung selama 16 hari kedepan kepada perwakilan pasukan. Pada kesempatan ini Bupati selaku Pemimpin Apel melakukan pemeriksaan pasukan didampingi Kapolres serta Dandim 0701 Banyumas.

Bupati Banyumas Achmad Husein saat membacakan sambutan Kapolri mengatakan, apel Gelar Pasukan Ramadniya merupakan wujud kesiapan Polri dalam mengamankan lebaran tahun 2017. Operasi ramadniya sendiri memiliki tujuan agar masyarakat dapat merayakan Idul Fitri dengan aman dan nyaman.

Bupati melanjutkan bahwa, ada tiga poin utama yang perlu ditekankan oleh Polri dalam operasi kali ini yaitu, menjaga kesetabilan harga pangan, pemeliharaan kabtimnas yang kondusif, serta  keamanan dan kelancaran arus mudik bagi masyarakat.

“Perbanyak himbauan melalui pemasangan banner, spanduk yang dapat dilihat pengemudi agar mematuhi peraturan dan rambu lalu lintas. Saya harap angka kecelakaan lalun lintas dapat berkurang dibanding tahun sebelumnya,” katanya.

Bupati menambahkan pada pelaksanaan operasi tahun lalu, jumlah laka lantas mengalami penurunan sebesar 72 kasus (2,36%) jika dibandingkan dengan tahun 2015. Sedangkan korban meninggal dunia juga mengakami penurunan sebanyak 88 jiwa (13,62%).

Namun demikian data gangguan kamtibnas tahun lalu mengalami kenaikan sebesar 233 kasus (13,89%) dan angka kejahatan secara umum juga naik sebesar 164 kasus atau sebsar 10,98%.

“Untuk itu, mari ciptakan harmonisasi secara sinergi diantara seluruh stakeholdera terkait. Sehingga pelaksanaan hari raya Idul Fitri dapat berjalan dengan lebih baik, aman, tertib, dan lancar dibandingkan tahun sebelumnya,” pungkas Bupati dalam pembacaan sambutan dari Kapolri.

Usai melaksanakan gelar pasukan Polres Banyumas, melakukan simulasi penguraian kemacetan, dengan melibatkan pasukan pengurai dari Satuan Lalu Lintas dan Sabhara.  Pada simulasi tersebut, juga diperagakan kemampuan anggota Polres Banyumas, dalam mengendarai kendaraan sepeda motor, baik trail maupun moter gede dan mobil. (BNC/*)

 

Tentang Penulis

Leave A Response