Workshop Sukses Menulis Artikel di Media Online Digelar SIP Publishing

Ditulis 19 Jun 2017 - 05:04 oleh Banyumas1

BanyumasNews.com, PURWOKERTO – Bagaimana tips menulis artikel yang menarik, bagaimana agar artikel bisa dimuat di media online dan memilki banyak viewer. Itulah tema yang dibawakan oleh narasumber dalam workshop kepenulisan yang diadakan SIP Publishing, salah satu penerbit buku di Banyumas, pada Minggu (18/06/2017) di Hall Merdeka Hotel Wisata Niaga, Purwokerto.

Event dengan tajuk “Workshop Sukses Menulis Artikel di Media Online” itu dimulai pukul 09.00 – selesai, diikuti oleh peserta dari kalangan pelajar, mahasiswa, dan juga umum dengan jumlah lebih dari 50 orang.

Narasumber workshop adalah Agus Vina Wardiana dan Ayu Wulandari. Keduanya adalah penulis tetap di salah satu media online terkemuka di Indonesia dengan pendapatan jutaan rupiah per minggu. Mereka berdua termasuk di jajaran atas penulis artikel dengan pendapatan terbesar di media online tersebut.

Materi yang dipelajari antara lain tehnik menulis artikel yang menarik, tips agar tulisan artikel bisa diterima media online terkemuka, cara agar artikel mempunyai banyak viewer, dan tips menghasilkan jutaan rupiah dari menulis artikel di media on line.

Ayu Wulandari menceritakan pengalamannya selama ini dengan menulis 5-10 artikel setiap harinya. “Menulis artikel butuh passion, focus, dan konsistensi”, ujarnya.

Awalnya dia dulu butuh waktu berjam-jam untuk menyelesaikan 1 artikel. Tapi sekarang karena sudah terbiasa dia hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk menyelesaikan 1 artikel.

Sementara itu Agus Vina Wardiana mengatakan kepada peserta bahwa untuk menjadi kontributor atau penulis tetap memerlukan perjuangan yang tidak mudah. Penulis pemula biasanya mengalami penolakan. Dalam workshop itu dia menjelaskan tentang tehnik agar artikel itu bisa menarik dan diterima media online yang diharapkan.

Indra Defandra selaku owner SIP Publishing menjelaskan, tujuan pelatihan ini adalah agar peserta bisa melek menulis dan tahu caranya mempublikasikan di media online. Dia berharap, nantinya menulis artikel selain untuk menyalurkan ide, juga bisa dijadikan alternatif pekerjaan.

“Hal ini siudah terbukti pada Ayu dan Vina yang menjadi narasumber workshop ini, yang dapat mengantongi jutaan rupiah setiap minggunya”, kata Indra..

Salah satu peserta workshop Meiana Prihandayani mengatakan, kegiatan ini membuatnya termotivasi untuk menulis artikel di media online. Dia mengatakan bahwa pendapatan dari menulis artikel itu bisa melebihi gaji PNS. “Semoga menjadi spirit bagi generasi muda untuk lebih aktif menulis”, ujarnya. (BNC/*)

Tentang Penulis

Leave A Response