Info Seputar Flyover Kretek: H-5 Lebaran Mulai Bisa Dilintasi

Ditulis 16 Jun 2017 - 22:43 oleh Banyumas1

BanyumasNews.com, PURWOKERTO – Informasi seputar pembangunan flyover sangat dinanti oleh para pemudik atau sekarang terkenal dengan istilah mudikers. Redaksi BanyumasNews.com berkali-kali mendapat pesan lewat berbagai saluran messenger maupun WA tentang update terkini flyover Kretek, mengingat informasi selama ini yang menghantui mudikers tentang kemacetan yang bakal terjadi di jalur tengah Tegal-Purwokerto itu.

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun, flyover Kretek rencananya mulai bisa dilintasi oleh kendaraan #mudikers pada H-5 Lebaran 2017.

Flyover tersebut rencananya hanya akan dibuka satu arah (ke arah Purwokerto) saat arus mudik, dan satu arah (ke arah Tegal / Jakarta) pada saat arus balik.

Saat momen arus mudik dan arus balik nanti, flyover ini hanya bisa dilintasi oleh  kendaraan roda dua dan roda empat seperti motor, mobil pribadi, mikrobus, dan bus AKAP. Sedangkan untuk kendaraan besar seperti truk akan dialihkan melalui jalur bawah flyover.

Menurut Brigjen Pol Chryshnanda Dwilaksana, Direktur Keamanan dan Keselamatan (Dirkamsel) Korlantas Polri, saat melakukan peninjauan kesiapan jalur mudik, Kamis (15/06/2017) secara umum semua flyover sudah dapat dipergunakan saat berlangsungnya mudik Lebaran beberapa waktu ke depan. Hanya saja, kewaspadaan patut dikedepankan oleh para pengendara saat melintasi jalur flyover tersebut.

“Dengan adannya flyover ini tentunya akan mengatasi perlambatan pada perlintasan sebidang, sehingga akan mengurangi kepadatan arus. Ini merupakan solusi terbaik,” ungkapnya.

Flyover Kretek dalam pembangunanya terpaksa mempergunakan jembatan bailey sebagai antisipasi menghadapi arus mudik dan arus balik Lebaran. Kondisi ini dikarenakan terhambatnya progres pembangunan, akibat terlambatnya pembebasan lahan di awal pelaksanaan.

“Kendati menggunakan bailey, namun secara konstruksi sudah diperhitungkan oleh ahli dan ini aman untuk dilintasi kendaraan pemudik,” jelasnya.

Flyover Klonengan

Secara umum, lanjutnya, dari hasil peninjauan kesiapan jalur mudik mulai dari Pejagan hingga Kretek ke-empat flyover sudah bisa digunakan.

“Secara umum sudah 85 persen siap, artinya dalam lebaran ini sudah bisa digunakan atau sangat membantu untuk menyelesaikan masalah kemacetan,” pungkasnya. (BNC/ist/ant)

Tentang Penulis

Leave A Response