Makanan Kadaluwarsa Banyak Beredar Jelang Lebaran, Hati-hati dan Teliti!

Ditulis 15 Jun 2017 - 00:11 oleh Banyumas1

BanyumasNews.com, PURBALINGGA – Menjelang Lebaran yang kurang 10 hari lagi, makanan kadaluwarsa masih banyak beredar di pasaran baik di toko modern maupun toko kecil lainnya. Seperti produk susu dalam kemasan kotak, susu kemasan sachet, teh, mie cup siap saji serta makanan kaleng seperti sarden yang kemasannya rusak serta ada yang berkarat.

Ketua tim pengawasan makanan dari Dinas Kesehatan Purbalingga, Sugeng Santosa, mengatakan pengawasan ini dilakukan agar masyarakat dapat terlindungi dan aman dalam berbelanja makanan. Khususnya untuk persiapan lebaran 1438 H, serta bagi masyarakat yang akan berbagi makanan dalam bentuk parsel bisa terjamin kualitasnya.

Produk yang ditemukan expired di Purbalingga

“Dari hasil pemantauan masih terdapat makanan yang kadaluarsa dipajang, kemudian produk yang rusak/penyok produk yang mendekati tanggal kadaluarsa juga masih banyak yang dipajang,” katanya saat melakukan pengawasan di toko modern dekat Pasar Mandiri, Rabu (14/06/2017).

Melihat banyaknya poduk tersebut, Sugeng Santosa menghimbau kepada pemilik toko untuk segera menarik produk-produk tersebut dari rak etalase dan tidak boleh dijual kepada masyarakat.

“Kalau masih bisa dikembalikan kepada pemasok makanan, segera dikembalikan, kalau misalnya tidak bisa untuk segera dimusnahkan,” tegas Sugeng.

Selain himbauan, pemilik toko juga menandatangani kesanggupan untuk melakukan pengawasan dan tidak akan menjual makanan yang kadaluarsa dan kemasannya rusak. Surat kesanggupan ini nantinya bisa digunakan sebagai sanksi jika melakukan pelanggaran lagi. Sanksi bisa dilakukan dengan salah satunya mencabut ijin usaha perdagangan di Kabupaten Purbalingga.

“Penjual makanan kadaluarsa bisa dikenakan sanksi pidana, hal tersebut mengacu pada UU No 8 Tahun 1999 tentang perlindungan konsumen,” katanya. (Sap’S).

 

Tentang Penulis

Leave A Response