DKPP Gelontorkan 6 Kwintal Ikan Lele Murah

Ditulis 06 Jun 2017 - 17:32 oleh Banyumas1

BanyumasNews.com, PURBALINGGA – Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) Purbalingga memanfatkan pasar murah Ramadhan untuk kampanye gemar makan ikan. Untuk kegiatan itu, DKPP menyiapkan 6 kuintal ikan lele dengan harga murah. Pasar murah Ramadhan digelar oleh Tim Penggerak PKK Kabupaten Purbalingga bersama stakholder lintas sektor.

“Pasar murah akan digelar tiga kali, masing-masing kegiatan kita siapkan ikan lele sebanyak 2 kuintal. Jadi totalnya ada 6 kuintal ikan lele dengan harga murah Rp 10.000/kg,” kata Kepala DKPP Purbalingga Ir Sediyono saat mendampingi tim pemasaran DKPP pada Pasar Murah Ramadhan ke-2 yang diselenggarakan di Lapangan Desa Pangempon, Kecamatan Kejobong, Selasa (6/6/2017).

Pasar Murah Ramadhan di Purbalingga

Dikatakan Sediyono, stand Ketahanan Pangan bidang Perikanan sengaja menyediakan ikan lele karena ikan tersebut digemari oleh masyarakat kelas menengah hingga kelas bawah. Sehingga ikan lele sangat tepat digunakan untuk kampanye gemar makan ikan.

“Untuk meningkatkan konsumsi ikan memang perlu ikan-ikan yang murah dan praktis dikonsumsi oleh masyarakat. Apalagi ini kita jual lebih murah dari harga pasaran yang sudah mencapai Rp 23.000/kg ,” jelasnya.

Ditambahkan Sediyono, menjelang lebaran Idul Fitri 1438 H stok kebutuhan ikan konsumsi di kabupaten Purbalingga dijamin mencukupi. Sementara, dari pantauan pihaknya di pasar ikan, sejumlah komoditas ikan sudah mulai mengalami kenaikan harga.

Dia merinci, untuk harga ikan lele saat ini mencapai Rp 23.000/kg. Sedangkan ikan patin berkisar antara Rp 25.000 – Rp 27.000, Mujair antara Rp 30.000 – Rp 35.000/kg, kemudian ikan melem harganya sudah mencapai Rp 35.000/kg. Sementara ikan paling favorit saat lebaran adalah Gurame, saat ini harganya mencapai Rp 45.000 – Rp 48.000.

“Biasanya sampai hari H lebaran bisa mencapai harga Rp 60.000 per kilogram,” tambahnya.

DKPP masih akan menyiapkan 2 kuintal lele lagi pada pelaksanaan Pasar Murah Ramadhan ke-3 yang akan digelar Kamis lusa (8/6) di halaman MTs Ma’arif NU Desa Arenan Kecamatan Kaligondang. (BNC/Hr)

Tentang Penulis

Leave A Response