Banjarnegara kembangkan teh variates unggul Gambung

Ditulis 14 Mar 2010 - 12:10 oleh Banyumas1

Perkebunan teh Kalibening

Perkebunan teh Kalibening

BANJARNEGARA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banjarnegara, Jawa Tengah, akan mengembangkan teh bibit unggul yang disebut teh Gambung, untuk meningkat produktivitas teh. Variates Gambung akan dikembangkan di sentra perkebunan teh di Kalibening. Untuk itu sebanyak 8.000 batang bibit teh Gambung akan diserahkan ke sentra perkebunan teh tersebut.

Bantuan benih tersebut menurut Kepala Bidang Perkebunan pada Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Dishutbun) Banjarnegara, Ir Singgih Haryono, diperuntukkan pada lahan seluas delapan hektardan sudah dianggarkan dalam APBD Banjarnegara.

Bantuan bibit jenis unggul dilakukan untuk meningkatkan produktivitas teh. Pasalnya, produktivitas tanaman teh di Banjarnegara belum mampu memenuhi permintaan sejumlah pabrik teh di luar kota. Dari permintaan 32 ton per hari hanya baru terpenuhi 26 ton.

“Kita menilai pemanfaatan kebun teh belum optimal dan belum memenuhi kaidah teknis yang dianjurkan. Seperti penyulaman, pemupukan dan pengendalian hama. Melalui kegiatan ini petani akan dibantu bibit unggul (Gambung) dan sarana produksi seperti pupuk dan obat-obatan,” ujarnya.

Sebelum penyerahan bibit teh Gambung, akan dilakukan penyuluhan atau sosiaslsasi kepada kelompok petani / pekebun teh, mengenai tata cara berkebun teh yang benar dan prospek pasar. (BNC/ist)

Tentang Penulis

& Komentar so far. Feel free to join this conversation.

  1. nurbondan 23/06/2012 pukul 04:11 -

    saya sangat bersyukur atas adanya teh gambung , tapi saya masih punya kendala mendapatkan bibit teh tersebut, dan saya minta tolong kepada dinas pertanian banjanegara kususnya kalibening untuk memberi petunjuk dan penyuluhan ke desa kami KALIBOMBONG . terimakasih kepada dinas pertanian yang sudah memberi peluang kepada petani teh, sukses slalu buat dinas pertanian banjarnegara.

  2. yudi 15/03/2010 pukul 15:23 -

    sy atas nama pribmi kalibening turut gumbira mendengarnya.

Leave A Response