Cari Tajil dan Lauk Buka Puasa? Ke Pasar Kuliner Pratistha Harsa Saja

Ditulis 25 Mei 2017 - 23:56 oleh Banyumas1

BanyumasNews.com, PURWOKERTO -Ramadhan datang lagi. Bulan suci ummat Islam ini disambut gembira mereka yang beriman untuk berpuasa dan beramal sebanyak-banyaknya mencari pahala dan ridlo Allah.

Puasa mesti disiapkan segala sesuatunya, termasuk untuk sahur dan berbuka puasa. Kadang kita bingung mau tajil dengan apa ketika berbuka, lalu berbuka puasa dengan lauk apa?

Jika bingung, datang saja sore hari jelang waktu buka, atau ngabuburit kata orang Sunda, ke pasar kuliner Pratistha Harsa di Pereng Purwokerto. Pasar kuliner ini dulu menjadi pasar tiban tiap sore selama bulan puasa.

Namun sejak beberapa tahun lalu, Pratistha Harsa merupakan pusat kuliner yang menempati gedung yang dibangun oleh pemerintah daerah Kabupaten Banyumas. Lokasinya dekat dengan alun-alun, berjarak sekitar 100 meter ke arah barat sebelum Sawangan.

Dengan menempati gedung 2 lantai dan lokasi yang cukup luas, para pedagang tertata cukup rapi dan meja-meja makan yang cukup terawat dan bersih membuat tampak cukup nyaman. Tidak berdesak-desakan lagi.

Kolak tajil buka puasa – ilustrasi

Di hari biasa pilihan kuliner Pratistha Harsa cukup beragam dari makanan khas Purwokerto seperti mendoan dan gorengan atau jajanan pasar lain, Bakso, Bakmi, Nasi Goreng, Bubur Ketan Hitam, Bubur Kacang Hijau, Aneka Jus, berbagai varian Ayam Goreng, Gudeg, Bubur Jagung dan banyak lainnya. Di bulan puasa pastilah banyak menu jajanan dan penanganan baru. Misalnya kolak, aneka jus buah, dan makanan pun lebih bervariasi.

Jadi Anda tidak perlu bingung lagi milih menu buka puasa. Di sini banyak tersedia pilihan masakan dan makanan. Lokasinya, sekali lagi, dari Alun-Alun Purwokerto ke barat, persis di sebelah barat penjara. Pratistha Harsa Blok A yang menjadi pusat UMKM, nah Pusat Kuliner Pratistha Harsa Pereng ada di Blok B yang berada di belakangnya. Anda sebaiknya masuk melalui jalan di sebelah baratnya. (BNC/*)

Tentang Penulis

Leave A Response