Pelayan publik wajib memiliki kompetensi IT

Ditulis 22 Jul 2009 - 22:26 oleh Sista BNC

Dalam konteks pelayanan publik, sasaran utama reformasi birokrasi diarahkan untuk meningkatkan fungsi pelayanan prima aparatur pemerintah kepada masyarakat, baik pelayanan administratif maupun pelayanan produk barang atau jasa. “Salah satunya adalah perubahan sistem dan prosedur pelayanan publik menjadi lebih baik, cepat, tepat, murah dan bebas korupsi,” ujar Bupati Banjarnegara Drs Ir H Djasri MM MT, dalam acara Penilaian Kinerja Pemerintahan Daerah di Bidang Pelayanan Publik di Gradhika Bhakti Praja Semarang, Rabu (22/7).
Penilaian dilakukan oleh Tim Penilai Provinsi Jawa Tengah yang diketuai oleh Dra Henny K MSi dari Biro Organisasi dan Kepegawaian Propinsi Jawa Tengah dan beranggotakan Drs R Soehartono MM dan Drs Loehoer Wijayanto MA. Dalam kesempatan tersebut, Bupati Djasri menambahkan bahwa Kabupaten Banjarnegara menjadi garda terdepan untuk penerapan sistem One Stop Service (OSS, Perizinan Satu Pintu) sejak beberapa tahun lalu.
Semua izin di Banjarnegara ditangani KP2T, kecuali untuk izin prinsip yang masih menjadi wewenang Bupati. “Saya mewanti-wanti kepada KP2T, prinsipnya semua pelayanan perizinan bisa ditunggu, kecuali yang memerlukan pengecekan langsung ke lapangan seperti IMB,” imbuh Bupati Djasri.
Masih dalam kesempatan yang sama, Bupati Djasri mengungkapkan bahwa Banjarnegara sangat mengharapkan para investor untuk datang ke Banjarnegara. “Kami punya lahan 20 hektare yang siap untuk dipakai usaha, 8 hektare diantaranya ada di kota. Siapa saja investor yang datang kami bebaskan uang sewa tanah selama dua tahun, jika jaringan listrik, air dan jalannya butuh diperbaiki kami siap mengawal,” janji Bupati Djasri.
Terkait dengan kinerja aparatur dalam pelayanan publik, Henny selaku Koordinator Tim Penilai, mengarahkan bahwa di era digital ini, para pelayan publik wajib memiliki kompetensi IT. “Bukan jamannya lagi, aparat selaku pelayan publik hanya dituntut bersikap ramah dan selalu tersenyum. Mereka juga dituntut untuk paham dan bisa menggunakan komputer, internet dan produk IT lain. Penguasaan perangkat IT ini menjadi sangat penting dewasa ini sebagai upaya peningkatan kualitas pelayanan publik, memberi akses yang lebih luas, mudah dijangkau, transparan dan cepat kepada masyarakat,” urai Henny. (banyumasnews.com/bna).

Tentang Penulis

Leave A Response