Banyumas Kirim Sopsan, Purbalingga Diwakili Sanggar Dersonolo | Seleksi Pertunjukan Rakyat FK Metra Jateng 2017

Ditulis 20 Mei 2017 - 02:41 oleh Banyumas1

BanyumasNews.com, BREBES – Forum komunikasi media tradisional (FK Metra) ke depan diharapkan dapat menjadi media diseminasi informasi dari pemerintah, dalam hal ini organisasi perangkat daerah (OPD) ke masyarakat. Diseminasi informasi yang dikemas dalam kesenian lokal akan lebih mengena ke masyarakat, karena dalam komunikasi terjadi keterlibatan langsung dengan masyarakat.

Mengingat strategisnya FK Metra, Pemkab Purbalingga melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) mengirimkan Sanggar Dersonolo untuk mengikuti lomba pertunjukan rakyat FK Metra di Sanggar Pramuka Kabupaten Brebes, yang diadakan Jumat (19/05/2017).

Jumlah personil Sanggar Dersonolo ada 12 orang, terdiri 2 penari yang juga berperan dalam lakon, kemudian 1 sinden, 5 pengrawit dan 4 membawakan lakon. Lakon yang ditampilkan yakni Molek Glathek Ketemu Dewek, yang berisi kritik pada perilaku korupsi.

FK Metra Purbalingga mendapat giliran maju pertama kali, membuat penonton terkagum-kagum dengan penampilannya karena para pemainnya rata-rata masih muda. Apalagi saat Intan Nuraini yang memerankan sebagai seorang isteri kaur desa. Ia tampil kewes dan centil, yang membuat penonton sangat terhibur.

Melihat penampilan yang menawan, usai penampilan Kepala Dinkominfo Purbalingga, Tri Gunawan, memberikan apresiasi dan ucapan selamat kepada FK Metra yang di ketua Tarjo Gareng.

Sementara itu Kabupaten Banyumas diwakili oleh Sopsan, grup lawak yang sudah dikenal di Banyumas. Sopsan tak sekedar sebuah grup lawak, karena selain bisa melawak juga pandai bermain musik dan menyanyi. Bahkan menciptakan syair-syair yang kocak, ringan tetapi bermakna. Lagu-lagunya yang berbahasa Banyumasan atau sering disebut bahasa Ngapak banyak didownload di internet. (BNC/sap/puh)

Tentang Penulis

Leave A Response