Danamon Hormati Proses Hukum | Terkait Aksi Demo Ormas Pemuda

Ditulis 18 Mei 2017 - 22:47 oleh Banyumas1

 

BanyumasNews.com, PURWOKERTO – Sekelompok pemuda yang menamakan diri Forum Solidaritas Banyumas Bersatu Menuntut Keadilan, melakukan aksi unjuk rasa di halaman kantor Bank Danamon, Jl. Jenderal Sudirman Purwokerto. Masa yang berasal dari Ormas Kepemudaan dan LSM menuntut pembatalan lelang salah satu debitur macet Danamon Simpan Pinjam (DSP) Unit Pasar Wage Purwokerto yang dinilai pengunjuk rasa melalui proses yang tidak benar.

Massa yang berasal dari Pemuda Pancasila, Libas, GMBI, dan Gebrak mulai datang ke Bank Danamon sekitar pukul 09.00 WIB. Sejumlah perwakilan yang dipimpin Sumbadi diterima oleh tim manajemen Bank Danamon Purwokerto, yang dipimpin Tuty Hartono, yang menjabat sebagai Branch Corporate Officer (BCO).

Setelah melakukan dialog antara perwakilan massa dengan Danamon yang didampingi unsur kepolisian,  disimpulkan akan adanya mediasi lebih lanjut oleh pihak kepolisian.

Korlap aksi Sumbadi bersalaman dengan Tuty Hartono BCO Bank Danamon usai berdialog

Dalam statemennya, Tuty Hartono mengatakan, terkait aksi unjuk rasa pada tanggal 18 Mei 2017 itu, Danamon menghormati proses hukum yang berlangsung dan senantiasa kooperatif dengan pihak Kepolisian yang saat ini sedang menangani hal tersebut.

Ia mengatakan, sebelumnya gugatan yang diajukan adik kandung Penjamin (ayah dari Debitur) atas Danamon telah 2 (dua) kali ditolak dan dimenangkan Danamon, baik di tingkat pertama (Pengadilan Negeri Banyumas) maupun di tingkat banding (Pengadilan Tinggi Semarang). Debitur dan Penjamin dalam hal ini juga menjadi Tergugat karena jaminan merupakan harta bersama ahli waris. “Penggugat mengajukan Kasasi, namun sampai batas waktu yang ditentukan yang bersangkutan tidak mengajukan memori Kasasi sehingga perkara tersebut telah berkekuatan hukum tetap”, katanya.

Atas dasar kondisi kredit Debitur yang telah macet itu, lanjutnya, Danamon telah mengajukan permohonan lelang kepada KPKNL Purwokerto dan telah dilakukan lelang atas barang jaminan sesuai dengan prosedur yang berlaku.

Dari pemantauan, sekalipun sejumlah massa melakukan orasi di halaman kantor Danamon, pelayanan tetap berjalan. “Kegiatan operasional di Cabang Danamon tetap berjalan dengan normal dalam melayani nasabah dan masyarakat”, pungkas Tuty. (BNC/*)

Tentang Penulis

Leave A Response