PPDB Online SMP di Banyumas Bertambah, Pendaftaran 3 – 6 Juli 2017

Ditulis 18 Mei 2017 - 21:58 oleh Banyumas1

BanyumasNews.com, PURWOKERTO – Tahun ajaran baru 2017/2018 hampir tiba. Orang tua dan calon siswa makin sibuk mencari sekolah. Untuk sekolah jenjang SMP di Kabupaten Banyumas, yang akan menerima siswa baru dengan mekanisme Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online, tahun ini bertambah.

Selain memudahkan para siswa dan orang tua, juga dapat meningkatkan pamor dan menjadi sekolah yang bersangkutan dikenal lebih luas.

Kasubag Bina Program Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas, Ari Kusyono, mengungkapkan, tahun ini tercatat ada sebanyak 89 SMP yang sudah memberikan kepastian untuk menggelar penerimaan siswa baru secara online.  Rinciannya untuk SMP negeri sebanyak 67 sekolah dan SMP swasta sebanyak 22 sekolah.

”Jumlah sekolah penyelenggara PPDB online tahun ini sebanyak 89 sekolah sebelumnya 85 sekolah dengan rincian sebanyak 67 SMP negeri dan 18 SMP swasta, sekarang ” katanya.

Menurut Ari, animo sekolah swasta untuk ikut serta dalam penyelenggaraan penerimaan peserta didik baru secara online bertambah, tidak lepas dari adanya manfaat yang diperoleh dengan menggelar PPDB online.

”Dalam penyelenggaraan PPDB online tahun lalu, banyak sekolah swasta yang diuntungkan, sebab mampu menjaring peserta didik baru dalam jumlah yang cukup banyak. Selain itu, dengan menggelar penerimaan siswa baru secara online, setidaknya dapat meningkatkan pamor sekolah,” tambahnya.

Ari menambahkan, sesuai petunjuk teknis pelaksanaan, kegiatan penerimaan peserta didik baru jenjang SMP akan dilaksanakan Senin (3/7/2017) sampai Kamis (6/7/2017) mendatang. Sedangkan pengumuman seleksi akan dilaksanakan pada Jumat (7/7/2017) nanti.

“Secara umum teknis pelaksanaan PPDB tahun ini tidak jauh berbeda dengan sebelumnya.  Calon peserta didik diberi kesempatan untuk memilih dua sekolah yang menjadi pilihan. Calon peserta didik juga diberi kesempatan untuk mendaftar lagi jika gagal dalam kesempatan pertama, tetapi masih dalam rentang waktu masa pendaftaran,” tambahnya.

Parameter dalam penerimaan siswa baru sistem online, yang digunakan sebagai bahan pertimbangan, yakni nilai ujian sekolah/madrasah (US/M), nilai bobot prestasi dan nilai potensi lokal. (BNC/Pars)

 

Tentang Penulis

Leave A Response