Makin Diminati, Wisata Kampung Kurcaci Akan Tambah Rumah Kurcaci Lagi

Ditulis 14 Mei 2017 - 11:39 oleh Banyumas1

BanyumasNews.com, PURBALINGGA – Wisata kampung kurcaci atau rumah kurcaci makin diminati. Faktor keunikan menjadi pembeda dengan tujuan atau obyek wisata lain. Sekalipun ide rumah kurcaci berasal dari film the Hobbit, namun menjadikannya sebagai ikon wisata adalah ide genuine. Ia lahir dari orang-orang kreatif.

Desa Wisata Kampung Kurcaci berada di kaki Gunung Slamet, bertempat di Desa Serang, Kecamatan Karangreja, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah. Dalam waktu dekat akan menambah koleksi Rumah Kurcaci lagi.

Penambahan rumah Kurcaci diharapkan dapat mengongrak jumlah kunjungan wisatawan untuk berwisata di kampong Kurcaci.

Wisatawan suka berfoto ria di kampung kurcaci, desa Serang, Katangreja

Salah satu pengurus Desa Wisata Kampung Kurcaci, Nafilis, mengatakan akan menambah satu unit kampung kurcaci sehingga nantinya akan mempunyai 3 unit rumah kurcaci. Kemudian juga akan dilakukan penataan lokasi camping ground sehingga nantinya bisa digunakan untuk camping baik perorangan maupun rombongan.

“Selain itu juga sekarang ada paket promosi untuk outbond bagi anak-anak setingkat TK dan SD, hari ini (Sabtu, 13/5/17) kita ada dua buah outbond dari SD Muhamadiyah 1 Purbalingga dan TK Islam Karangsentul,” katanya.

Rata-rata 180 pengunjung per hari

Terkait dengan jumlah kunjungan Nafilis mengatakan setiap bulannya jumlah pengunjung mencapai 5.000, atau setiap minggu mencapai 1.200 atau per hari 180 orang.

Tiket masuk dijual seharga 5.000 per orang. Pembagian pendapatan dengan sharing Perhutani 60 : 40, setelah dikurangi ongkos tiket Rp 150 dan Rp 250 untuk asuransi.

“Sharing dengan Perhutani jika dinominalkan Rp 1.800, untuk pengelola dibagi Rp 80 untuk khas Pokdarwis, Rp 100 kas Kopak gerombol sini. Rp 280 khas LMD dan pengelola menerima  Rp 2.300, Rp 1.500 untuk operasional Rp. 800 untuk pengembangan. Dalam satu bulan pendapatan kotor mencapai Rp 25 juta,” katanya.

Kesejukan di kampung kurcaci

Sedangkan salah satu pengunjung Praditya Aufa mengatakan, Desa Wisata Kampung Kurcaci sangat menarik karena dekat dengan alam dan tarif masuknya terjangkau. Udaranya sangat bersih dan pemadangan alamnya sangat menarik, serta konsep kampung Kurcaci belum ada di tempat lain.

“Untuk lebih manarik lagi, perlu penambahan rumah kurcacinya,” kata mahasiswa asal kota Bogor yang kuliah di salah satu perguruan tinggi di Purwokerto ini.

Pengunjung yang lain, Fita Aluningtiyas asal Tegal, memberikan masukan untuk ditambah property seperti jamur-jamur sabagimana dalam film putri salju. Dengan semakin bertambahnya property nantinya pengunjung bisa berfoto-ria dan semakin menambah kesannya.

“Dengan tempat yang adem, sejuk  dan asri setelah ngerjain tugas-tugas kuliah, pikiran kita menjadi fres,”  pungkasnya. (BNC/Sap’$)

Tentang Penulis

Leave A Response