Cilacap juara lomba lingkungan bersih sehat se-Jateng

jalan labanCILACAP – Di tengah maraknya berita tentang kasus korupsi pejabat di Cilacap, sehingga muncul istilah “Cilacap Terkenal karena Korupsi, bukan karena Prestasi”, ada secercah berita yang layak menjadi ‘pengimbang’, menyangkut prestasi. Kabupaten Cilacap baru saja menorehkan prestasi dengan menjadi juara pertama dalam Lomba Lingkungan Bersih Sehat (LBS) tingkat provinsi Jawa Tengah.

Dalam lomba tersebut, Cilacap diwakili oleh LBS Kelurahan Gumilir, Kecamatan Cilacap Utara. Peringkat kedua dalam lomba itu ditempati oleh LBS dari Kabupaten Magelang dan tempat ketiga diraih oleh LBS Kabupaten Pemalang.

Selanjutnya, Kalurahan Gumilir akan maju dalam lomba tingkat nasional mewakili Jawa Tengah. Untuk itu sedang dipersiapkan oleh Kelurahan Gumilir, khususnya warga masyarakat di Jalan Laban,  dalam rangka menyongsong tim penilai lomba LBS tingkat Nasional, yang rencananya akan hadir di Cilacap, awal April mendatang.

Seperti diberitakan sebelumnya, lomba LBS tingkat Jawa Tengah, penilaian dilakukan pada 23 Pebruari lalu. Beberapa indikator yang berhasil mengantar Keluruhan Gumilir keluar sebagai nominasi utama dalam LBS antara lain, di pemukiman warga masyarakat khususnya di Jalan Laban, lingkungannya tertata dengan baik dan rapi.

Indikator tersebut diantaranya, rumah sehat, dengan bebeberapa fasilitas yang ada seperti air bersih, jamban keluarga, pengelolaan sampah, pengolahan air limbah, kualitas jalan lingkungan dan penataan pekarangan yang bersih dan rapi, penghijauan dan pemanfaatan pekarangan, serta adanya indikator bebas dari jentik nyamuk. (BNC/ist/humas/hromly)

Leave a Reply

Your email address will not be published.