Dibutuhkan PR profesional menuju Poltek Negeri Banjarnegara

Ditulis 22 Jul 2009 - 22:20 oleh Sista BNC

Poltek BanjarnegaraPoliteknik Banjarnegara mendapatkan rekomendasi dari Dikti untuk berubah status menjadi politeknik negeri satu-satunya di Jawa Tengah. Dari 14 politeknik, Poltek Banjarnegara termasuk 4 kategori yang berhasil menjalin kerja sama dengan Dikti dalam hal pengelolaan.
Hal tersebut diungkapkan Arifin Romli selaku Ketua Satuan Pelaksana Kegiatan (SPK) Politeknik Banjarnegara pada acara Lokakarya Mengembangkan Manajemen Strategis Institusi di Aula Politeknik belum lama ini.
Setidaknya ada 11 lokakarya yang akan dilaksanakan untuk mendukung rencana strategis tersebut. ”Tujuan dilaksanakan lokakarya ini salah satunya adalah untuk membangun komitmen supaya arahnya sesuai sasaran. Sehingga diharapkan 2011 status baru sebagai Politeknik Negeri Banjarnegara bisa terealisasi,” ujar Romli yang dihubungi Rabu (22/07) siang.
Sementara itu, Poetoet Harijanto, Ketua Yayasan Pendidikan HAKLI Semarang sebagai salah satu pembicara mengemukakan gagasannya bahwa selain dibutuhkan manager strategi, Poltek Banjarnegara perlu menerapkan kerja Public Relations (PR) Profesional. ”Seorang PR secara khusus menyusun strategi promosi untuk melakukan advokasi, social support, dan gerakan masyarakat. Ia harus mampu menjembatani institusi, masyarakat, pemerintah, dan pengguna lulusan,” ungkapnya.
Terpisah, Madya Sulisno, Pengajar STIKES Ngudi Waluyo Ungaran, selaku pembicara kedua menekankan bahwa pendidikan tinggi yang berkualitas harus melengkapi dokumen akademik yang menjadi rujukan bagi semua stake holder dalam menjalankan tugasnya. ”Dokumen akademik yang harus ada diantaranya: kebijakan akademik, standar akademik, peraturan akademik, manual mutu, dan manual prosedur. Semua ini harus diolah oleh tim perumus khusus dengan memberdayakan potensi internal, tanpa tergantung pada lembaga eksternal”, jelasnya. (banyumasnews.com/yov).

Tentang Penulis

Leave A Response