TBM Rumah Cendekia Baturraden, Lebih dari Sekedar Taman Baca

Ditulis 05 Mei 2017 - 21:08 oleh Banyumas1

BanyumasNews.com. BATURRADEN – Siapa sih yang tidak kenal Baturraden? Sebuah kecamatan di ujung utara Kabupaten Banyumas, yang terletak di lereng Gunung Slamet, gunung tertinggi di Jawa Tengah. Di sana menampilkan panorama yang luar biasa, dengan berbagai objek wisata yang membuat hati kerasan.

Hadirnya taman baca di kota kecamatan tersebut membuat daya tariknya semakin menjadi. Pasalnya ketika berkunjung ke taman baca tersebut bisa sekalian mengunjungi objek wisata yang ada di sana.

Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Rumah Cendekia namanya. Tidak jauh dari berbagai objek wisata, TBM ini hadir dan memberikan nuansa tersendiri di Baturraden. Berdiri pada tahun 2008 dengan dikomandoi oleh Tuti Sundari, TBM Rumah Cendekia kian hari kian memberikan dampak positif bagi masyarakat secara nyata.

Hal ini dibuktikan dengan beragai kegiatan yang dilakukan untuk masyarakat itu sendiri.

Kegiatan parenting di TBM Rumah Cendekia

Tuti Sundari selaku pendiri mengatakan, pada awalnya dia memanfaatkan buku-buku sewaktu kuliah. Kemudian dia mengundang anak-anak sekitar untuk berkegiatan di rumahnya. Setelah itu barulah dia mengadakan kegiatan indoor dan outdoor. Alhasil anak-anak sekitar merasa kerasan belajar di TBM Rumah Cendekia Baturraden. Jadilah TBM Rumah Cendekia Baturraden lebih dari sebuah taman baca.

“Mereka kami ajak untuk belajar bersama di TBM, kemudian kegiatan-kegiatan lain, seperti mendongeng, kreasi membuat milkshake, nonton bareng, beres-beres buku, dan lain sebagainya. Selain itu kegiatan outdoor yang kami lakukan yaitu tadzabur alam. Pernah juga kami berkunjung ke bukit Arjuna, dan wisata air Dreamland di Ajibarang,” ungkap Tuti Sundari.

Relawan TBM Rumah Cendekia

TBM Rumah Cendekia tidak pernah lelah dalam memberikan kontribusi nyata terhadap masyarakat. Awal 2017 TBM ini memberikan kegiatan terhadap ibu-ibu sekitar, yakni kegiatan parenting yang dilakukan tiap bulan.

“Setiap satu bulan sekali, kami melakukan kegiatan parenting bagi ibu-ibu sekitar. Kegiatan ini dihadiri oleh Meti Herawati seorang penulis buku best seller,” tandasnya.

Dalam menjalankan visi-misinya, Tuti Sundari tidak pernah luput dari peranan orang sekitar. Muhammad Iqbal Fauzi. sang suami, selalu mensupport kegiatan yang dilakukan oleh istrinya.

Selain itu, beberapa relawan yang tergabung di TBM turut memberikan sumbangsih yang besar terhadap kemajuan TBM tersebut.

Para relawan itu diberikan beasiswa agar tetap terus melanjutkan pendidikannya sampai jenjang universitas.

“Bismillah mudah-mudahan kami bisa istiqomah. Alhamdulillah kami terus mensupport mereka agar terus mengenyam pendidikan, paling tidak sampai jenjang universitas. Alhamdulillah juga kemarin ada yang bisa sampai kuliah. Semoga kami tetap mendapat keberkahan,” katanya kemarin menjelang acara Gebyarmas di IAIN Purwokerto.

TBM Rumah Cendekia beralamatkan di Desa Rempoah RT 04 RW 05 Nomor 27 Kecamatan Baturraden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Setiap berkegiatan, TBM Rumah Cendekia dihadiri oleh sekitar 20 pengunjung. Saat ini TBM Rumah Cendekia Baturraden memlunyai 4 orang relawan. (Fajar Pujianto/ Pegiat Taman Baca Kabupaten Banyumas)

 

Tentang Penulis

Leave A Response