Pembaca Acara Rakyat Berpuisi di Ajibarang Membludak | Dari Tukang Becak Hingga Pejabat

Ditulis 01 Mei 2017 - 23:01 oleh Banyumas1

BanyumasNews.com, AJIBARANG – Acara pembacaan puisi yang bertajuk Rakyat Berpuisi di Pendopo Kecamatan Ajibarang, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Sabtu (29/04/2017) siang, di luar dugaan dihadiri ratusan penyair dan pembaca puisi. Acara yang semula  ditargetkan pukul 14.00 hingga 17.00 WIB, ternyata berakhir molor hingga pukul 18.15 WIB.

“Kami tidak menduga jika yang hadir akan sebanyak itu. Banyak yang terpaksa tidak bisa tampil karena waktunya yang sudah memasuki maghrib. Karena itu kami minta maaf”, tutur Nanang Anna Noor, panitia penyelenggara event yang digelar dalam rangka peringatan Hari Puisi Dunia itu.

Menurut Nanang yang menjadi host dalam acara tersebut, dari data pendaftar tercatat 159 pembaca puisi yang hadir. Mereka datang dari sejumlah kota seperti Purbalingga, Cilacap, Brebes, Yogyakarta, Purwokerto dan seniman lokal Ajibarang.

Salah satu penampilan anak baca puisi di acara Rakyat Baca Puisinya di Ajibarang

Acara yang diselenggarakan oleh Komunitas Orang Pinggiran (KOPI) Ajibarang ini dihadiri sejumlah penyair seperti Ryan Rahman ( Purbalingga), Sri Wintala Achmad (Yogyakarta), Wage Teguh Wiyono ( Purwokerto), Edy Pranata PNP dan Riswo Mulyadi (Gumelar), Trisnatun Ranaatmaja, Wanto Tirta, Imam Ghozali, A Mudrikah dan Pensil Kajoe ( Ajibarang), Windu, Dewandaru, Rangga Sujali (Purwokerto). Tampil juga sejumlah komunitas yang membawakan musikalisasi puisi, seperti komunitas sastra dari Fakuktas Ilmu Budaya (FIB) Unsoed, Komunitas Musik Puisi SMK 1 Ajibarang, Jaringan Musik Pinggir Kali /JASPINKA Cirebah Gumelar, Garba Aksara Fisip Unsoed, Komunitas Mata Pena dan sejumlah kelompok seniman lainnya.

Antusiasme pembaca Rakyat Baca Puisi di luar dugaan

Menurut Komandan KOPI, Wanto Tirta, hadir juga membacakan puisi para siswa SD, SMP dan SMU. “Ada juga tukang becak, relawan dan tukang sulap yang ikut tampil membacakan puisi”, turur Wanto yang dikenal sebagai Presiden Pantun ini.

Tak ketinggalan pejabat seperti Kepala UPK Ajibarang Umar Wijaya, Kapolsek AKP Supardi, anggota Koramil Pelda Suparyono dan Camat Ajibarang Heru Budi Surono.

“Kami dari KOPI sangat terkejut dengan antusiasme peserta ini. Selanjutnya kami masih ada agenda kegiatan lain yang sudah kami siapkan”, tambah Wanto Tirta (BNC/Puh)

 

Tentang Penulis

Leave A Response