‘Kedaulatan Pertanian’ akan dibedah dalam seminar nasional Unsoed

unsoedPURWOKERTO – Pengalaman pembangunan di negara-negara sedang berkembang menunjukkan petani tidak dianggap sebagai sumber informasi yang bisa dimanfaatkan bagi pembangunan pertanian. Petani tidak dianggap karena tidak ilmiah. Padahal perannya sebagai elemen yang bisa bersinergi dengan institusi penggerak pertanian sangat penting. Karenanya kedaulatan pertanian sangatlah diperlukan sebagai langkah kongkrit untuk kemajuan bangsa.

Kurangnya perhatian pada Road Map pertanian juga menjadikan sinergi antara pelaku pertanian tidak berjalan sehingga kemajuan pembangunan pertanian tidak signifikan bagi kemakmuran bangsa ini.

Pokok-pokok pikiran di atas dan keprihatinan akan marjinalisasi sektor pertanian akan dibedah dalam seminar nasional bertajuk “Kedaulatan Pertanian sebagai Langkah Kongkrit dalam Pembangunan Bangsa”, yang diadakanoleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Pertanian Unsoed Purwokerto, pada tanggal 22-23 Maret 2010.

Akan tampil sebagai pembicara Wakil Menteri Pertanian Dr Ir. Bayu Krisnamurthi, MS dengan materi “Road Map Pertanian Indonesia 2010-2014”; Ahmad S dari Balai Besar Pengembangan Penghujian Mutu Benih Tanaman Pangan; dan Tossy Aryanto, anggota DPR RI dari daerah pemilihan Banyumas.

Pembicara lain berasal dari birokrat pemerintahan dan pertanian, praktisi pertanian, pengusaha pertanian dan kalangan perbankan (Bank Indonesia), antara lain Kepala Bappeda Banyumas, Riyono S (Ketua PPNSI Jateng), Ir Wisnu Hermawanto MP (Kepala Penyuluhan daerah Banyumas), Kepala BULOG Banyumas, Komisi B DPRD Banyumas, deputi BI Purwokerto, Edy Kusmantoro (dosen Pertanian) dan Pak Wawang (Pengusaha pertanian).

Dalam rilis yang diteriam BanyumasNews.com, seminar ini diperuntukkan untuk mahasiswa pertanian baik dari Unsoed maupun seluruh Indonesia, dosen dan pegawai serta masyarakat umum pemerhati masalah pertanian. Kontribusi peserta mahasiswa Rp. 50 ribu dan peserta umum Rp. 55 ribu.

Peminat dapat menghubungi Dwi M di HP 081386333932; dan Agung Sn di HP 081902909184, atau sekretarirat panitia di Komplek Sekre UKM Fak Pertanian Unsoed, Jl. Dr Soeparno Karangwangkal Purwokerto Tlp. 0281-638791. (BNC/puh)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.