Purbalingga Lunas PBB 124,48%

PURBALINGGA – Kabupaten Purbalingga berhasil melampaui target pelunasan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB). Dari target Rp. 10,06 miliar, Purbalingga berhasil mencapai Rp. 12,5 miliar atau sukses 124,46%.

“Ini pencapaian yang luar biasa. Tidak mudah untuk memotivasi masyarakat secepatnya melunasi PBB. Alhamdulillah, September 2009, serentak seluruh desa di 18 kecamatan bisa menyetor tepat waktu sesuai target. Terima kasih, ora ketang sertipikat, tapi kan ana uang pembinaane,” ujar Bupati Triyono Budi Sasongko, dalam sambutannya pada Acara Penyerahan Hadiah Pelunasan PBB di Pendopo Dipokusumo, Selasa (9/3).

Pelunasan PBB menurut Bupati sangat berarti karena uang rakyat inilah yang menopang pembangunan. Uang tersebut memang disetorkan ke pusat, namun pada akhirnya akan tetap mengalir ke daerah sebesar hingga 64,8% dalam bentuk Alokasi Dana Desa (ADD).

“Tapi seringkali ADD itu lebih besar nilainya dari PBB yang kita setorkan. Misalnya PBB setor 13,2 miliar, sering kembali menjadi ADD senilai 23,7 miliar,” tambah bupati.

Bupati juga ingatkan para kades untuk menyalurkan dana hadiah Pelunasan PBB yang telah diterima kepada para petugas dalam bentuk upah pungut. “Tolonglah hargai keringat para petugas di lapangan. Merekalah ujung tombak keberhasilan kita dalam pelunasan PBB ini,” tambahnya. (BNC/cie)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.