UMKM Gula Kristal Binaan PT KAI Ikuti Pelatihan Capacity Building

Ditulis 20 Apr 2017 - 05:35 oleh Banyumas1

 

 

 

BanyumasNews.com, PURWOKERTO – PT KAI Daop 5 Purwokerto bekerja sama dengan PT PNM (Persero) Cabang Purwokerto memberikan pelatihan Capasity Building di Hotel Aston kepada UMKM Binaan program Klaster Usaha Petani Gula Kristal, Rabu (19/4/2017).

Deputy Vice President KAI Daop 5 Wisnu Pramudyo mengatakan, untuk mengembangkan usaha menjadi besar diperlukan 3 prinsip utama, yaitu jujur, disiplin dan terampil. “Jujur dengan produk yang kita jual tanpa mengada-ada, disiplin terhadap pengembangan usaha serta terampil dalam pengolahan dan pemasaran,” ungkapnya.

Wisnu menambahkan, PT Kereta Api Indonesia Daop 5 Purwokerto terus berkomitmen untuk membantu mengembangkan pelaku UKM, melalui program PKBL.

‘Selain penyaluran dana untuk permodalan, kami juga sering mengirim mereka ke pameran-pameran mulai tingkat daerah bahkan sampai ke tingkat nasional,” katanya.

Sementara Pimpinan Cabang PNM Purwokerto Dodik Dwi Ersana mengatakan, pihaknya selaku mitra dari PT KAI dalam penyaluran PKBL, akan terus melakukan peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) terhadap pelaku UKM. Penguatan SDM ini diperlukan untuk meningkatkan daya saing sebagai modal mengembangkan usaha, yang pada akhirnya akan meningkatkan kapasitas produksi dan penjualan.

Pelatihan menghadirkan DR. Karseno Sp. Mp. Phd sebagai pemateri, yang banyak memberikan tips dan trik untuk meningkatkan kapasitas produksi dan pemahaman pada higienitas. Selain itu juga mengingatkan agar pemberlakuan era pasar tunggal ASEAN atau Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), tidak membuat takut pelaku UMKM.

“MEA (diartikan) persaingan, itu salah, yang benar itu adalah kerja sama,” katanya.

Dengan demikian, lanjut Karseno, MEA tidak perlu ditakuti, melainkan bisa mendorong para wirausaha agar lebih terpacu meningkatkan kualitas mereka.

“MEA, tergantung dari sudut pandang mana pelaku ekonomi melihatnya. Segala sesuatu ada positif dan negatifnya. Yang penting kuncinya inovasi sampai mati. Banyak pihak-pihak yang siap bantu memfasilitasi upaya untuk meningkatkan kapasitas mereka, salah satunya PT KAI ini”, ujarnya. (BNC/nan)

Tentang Penulis

Leave A Response