Peras WNA China Pebisnis Jenitri, 4 Petugas Imigrasi Cilacap Terkena OTT Saber Pungli

Ditulis 19 Apr 2017 - 07:07 oleh Banyumas1

BanyumasNews.com, KEBUMEN – Tim Saber Pungli Kabupaten Kebumen berhasil melakukan operasi tangkap tangan (OTT) terhadap 4 oknum petugas Imigrasi Cilacap, karena diduga melakukan pemerasan terhadap seorang Warga Negara Asing (WNA) asal China (Tiongkok). Uang senilai Rp 67 juta berhasil diamankan dari tangan oknum petugas Imigrasi tersebut.

Kapolres Kebumen AKBP Titi Hastuti membenarkan Operasi Tangkap Tangan (OTT) yang dilakukan oleh Tim Saber Pungli Kabupaten Kebumen. Ke-4 petugas yang ditangkap yakni AF (36) Kasi Pengawasan dan Penindakan Imigrasi Cilacap, RDG (36) Kasubsie Pengawasan, HRE (36) Kasubsie Penindakan, dan MW (35) staff seksi Pengawasan dan Penindakan.

Mereka ditangkap Tim Saber Pungli saat makan malam di RM Candisari, Karanganyar Kebumen, Rabu (12/4/2017) lalu.

Menurut Kapolres, penangkapan bermula dari adanya informasi yang diperoleh tim dari laporan masyarakat, ada petugas dari Imigrasi Cilacap yang diduga melakukan pemerasan terhadap seorang WNA China / Tiongkok berinisial YML.

“Jadi WNA YML melakukan izin berkunjung wisata namun melakukan kegiatan lain dengan berbisnis biji jenitri. Karena dianggap menyalahi prosedur, paspor mereka diamankan oleh oknum Imigrasi. Kemudian terjadilah negosiasi dan dimintai sejumlah uang,” ujarnya, Senin (17/4/2017).

Kasus ini masih ditindaklanjuti Tim Saber Pungli Kebumen yang dipimpin Wakapolres Kompol Umi Mariati. (BNC/ist)

Tentang Penulis

Leave A Response