Panen Perdana Ayam Broiler di Lahan Pasir Pantai

Ditulis 08 Mar 2010 - 22:11 oleh Banyumas1
|
Berita Kategori
Tak Berkategori
218
Dalam Tag

daging ayam broiler

PEMBERDAYAAN masyarakat pada usaha peternakan demgan kandang di atas lahan pasir pantai di Desa Munggangsari Kecamatan Grabag Kabbupaten Purworejo melalui Budidaya Ayam Broiler dapat dikatakan berhasil dengan memuaskan.  Karena lokasi tersebut untuk budidaya ayam broiler cukup baik, selain itu lokasinya jauh dengan tempat tinggal (pemukiman penduduk lebih kurang 1.111 meter), udaranya segar (sirkulasi udara sangat baik), sarana transportasi baik, yang lebih penting yaitu jauh dari lalu lintas (transportasi ternak) sehingga ayam broiler tidak mudah terkontaminasi penyakit.

Kemudian, lahan pasir pasir pantai cepat mengeringkan feses sehingga sedikit menimbulkan bau yang tidak sedap.  Temperatur udara relatif tinggi (38 – 40 derajat Celcius), karenanya perlu penanganan khusus untuk meningkatkan kelembaban udara di dalam kandang yaitu di antaranya dengan cara menyemprotkan air (kabut air) di dalam kandang.  Cara tersebut dapat mengurangi panting pada ayam broiler.  Di samping itu stres pada ayam broiler akibat panas dapat dikurangi, dengan cara penyemprotan air dilakukan 2 kali sehari yaitu pukul 10.00 dan 13.00 WIB.

Umur ayam broiler yang dipelihara pada kandang di atas lahan pasir pantai di Desa Munggangsari Kecamatan Grabag Kabbupaten Purworejo sampai dengan tanggal 5 Maret 2010 adalah 30 hari, seharusnya akan dilaksanakan panen perdana di lakukan pada hari rabu tanggal 10 Maret 2010.  Namun melihat pertumbuhan ayam broiler yang baik (rataan bobot badan pada umur 30 hari sudah mencapai 1,95 kg) dan juga melihat kepadatan ayam yang tinggi, maka pada tanggal 06 Maret 2010 sudah dilakukan penjarangan (menjual sebagian ayam broiler) agar stress pada ayam dapat dikurangi.  Sebab, kepadatan kandang yang terlalu tinggi dapat menyebabkan stress dan mortalitas dapat semakin bertambah.  Mortalitas ayam broiler yang dipelihara demgan kandang di atas lahan pasir pantai di Desa Munggangsari Kecamatan Grabag Kabbupaten Purworejo relatif kecil/di bawah standar yaitu 2,50 %, sedangkan di peternak secara umum mencapai 5 –  5,6 %.

Hal-hal yang menarik pada pemeliharaan ayam broiler pada kandang di atas lahan pasir pantai di Desa Munggangsari Kecamatan Grabag Kabupaten Purworejo adalah perubahan suhu udara yang drastis dari siang hari ke malam hari.  Suhu udara pada siang hari sangat panas (dapat mencapai 40 derajat Celcius) dan pada malam hari mencapai 24 derajad celcius).  Permasalahan yang muncul adalah pada saat pemeliharaan periode awal (starting period) yang membutuhkan panas yang cukup yakni 39 derajat celcius, sehingga dibutuhkan penanganan yang cepat agar suhu udara di dalam brooder tetap terjaga dan anak ayam broiler (DOC) tidak stress akibat perubahan suhu udara tersebut.

Pemeliharaan ayam broiler pada kandang di atas lahan pasir pantai di Desa Munggangsari Kecamatan Grabag Kabbupaten Purworejo memang membutuhkan penanganan yang sedikit berbeda dan kerja ekstra, apabila dibandingkan pada pemeliharaan ayam broiker pada daerah-daerah yang mempunyai suhu udara relatif stabil (tidak terjadi perubahan suhu yang drastis).  Khusus budidaya ayam broiler pada kandang di atas lahan pasir pantai yang perlu diperhatikan adalah penanganan pada awal periode pertumbuhan (brooding) yang harus dijaga sebaik mungkin, dengan maksud agar anak ayam (DOC) tidak stress.  Caranya yaitu dengan pengaturan sirkulasi udara (sebab kecepatan angin di pantai selatan sangat kencang), sehingga diharapkan agar ayam dapat nyaman berada di dalam kandang.  Di samping itu, dalam pengaturan kelembaban kandang pada saat ayam broiler terlihat melakukan akitivitas panting, yaitu dengan segera dilakukan penyemprotan air (seperti kabut) untuk meningkatkan kelembaban udara di dalam kandang.

Ayam broiler semakin besar, maka panas yang timbul di dalam kandang akan semakin panas dan berakibat ayam broiler menjadi stress.  Akibat selanjutnya adalah masuknya penyakit dan yang lebih parah lagi dapat menyebabkan kematian yang tinggi.  Oleh karena itu, pada pemeliharaan ayam broiler di lahan pasir pantai yang harus diamati yaitu aktivitas ayam tersebut secara terus menerus, agar dapat melihat perubahan pada ayam dan dapat segera mengambil keputusan untuk melakukan penanganan agar ayam broiler tetap nyaman hidup di kandang di atas lahan pasir pantai.

Perlu kami informasikan pula ternyata bahwa respon masyarakat sangat baik, terbukti ada beberapa desa tetangga yang ingin memelihara ayam broiler, selanjutnya beberapa masyarakat di lahan pasir pantai Desa Munggangsari Kecamatan Grabag Kabbupaten Purworejo, ternyata setelah ditanya siapa di antara bapak-bapak dan ibu-ibu yang mau memelihara ayam broiler, mereka menjawab saya siap.  Mereka tertarik karena melihat performan ayam broiler yang baik dengan bobot badan yang dicapai melebihi dari standar perusahaan pembibitnya.

Lokasi kandang di atas lahan pasir pantai di Desa Munggangsari Kecamatan Grabag Kabbupaten Purworejo kira-kira 233 meter dari laut pantai selatan.  Kendala utama pada budidaya ayam broiler di atas lahan pasir pantai di antaranya adalah perubahan suhu udara pada siang hari ke malam hari yang sangat drastis (dari 39-40 derajat pada siang hari dan malam hari antara 23-24 derajat Celcius), sehingga harus ada penanganan cepat agar suhu di dalam kandang tetap stabil (khususnya pada saat periode Brooding dari umur 1 hari sampai 12 hari).  Untuk mengatasi kondisi tersebut, penanganan yang sudah kami lakukan yaitu memasang tirai tambahan di batas kandang (yang digunakan untuk kandang brooder) dan di atasnya ditutup dengan tirai agar udara tidak mudah masuk.  Pada penutupan bagian atas brooder tersebut sambil dilihat aktivitas anak ayam (DOC), apakah suhu udara cukup atau tidak.  Kalau kepanasan, maka tirai penutup yang di bagian atas dibuka seperempat bagian.  Selanjutnya, pengamatan aktivitas DOC harus dilakukan sepanjang siang dan malam.  Adapun, pembukaan tirai bagian atas, antara siang hari dan malam hari berbeda, apabila pada siang hari tirai bagian atas dapat dibuka semua dan pada malam hari, tirai harus ditutup sebagian (tergantung aktivitas DOC).

Pada saat sudah lepas brooder, maka pada siang hari harus dilakukan penyemprotan dengan air (seperti kabut) diharapkan agar suhu udara tidak terlalu panas dan kelembaban udara dapat terjaga.  Penyemprotan dilakukan dengan sprayer pada pukul 10.00 dan 13.00.

Kondisi ayam broiler pada kandang di atas lahan pasir pantai Desa Munggangsari Kecamatan Grabag Kabbupaten Purworejo selama pemeliharaan sehat-sehat saja, tapi ada beberapa ekor yang terjepit lantai bambu, sehingga mengalami patah kaki atau sayap (itu masalah biasa yang sering terjadi pada usaha peternakan ayam dimanapun).

Untuk strain yang cocok dipelihara di atas lahan pasir pantai pesisir selatan Desa Munggangsari, kami belum dapat mengatakan mana yang lebih baik. Namun demikian, berdasarkan pengamatan di lokasi, kani menyarankan sebaiknya ayam broiler yang dipelihara di lokasi di atas lahan pasir yaitu ayam broiler yang mempunyai pertumbuhan yang lambat di awal pertumbuhan (umur 1 hari – 2/3 minggu) dan mulai umur 3/4 minggu pertumbuhan yang cepat serta ayam broiler yang mempunyai pertumbuhan bulu yang cepat.  Hal tersebut, untuk mengantisipasi perubahan suhu yang drastis.

Pemeliharaan ayam broiler di atas lahan yang biasa dilakukan oleh para peternak (lahan normal) sedikit berbeda dengan lahan pasir tepian pantai.  Kalau di lahan pantai kondisi udara masih segar, jauh dari pemukiman penduduk, feses cepat kering karena suhu udara sangat panas pada siang hari, jauh dari transportasi ternak (jalan raya) antara daerah, mudah mendapatkan air bersih dan sehat.  Ini perbedaan antara lahan pantai dengan lahan normal.  Namun kelebihan dan kekurangan tersebut dapat dikendalikan dengan cepat, tetapi jangan sampai penanganan tersebut menyebabkan ayam broiler menjadi stress ( Ir. Winarto Hadi, MS)

Penulis ,Koordinator Lapangan Budidaya Ayam Broiler pada lahan pasir pantai Eks Tambang Pasir Besi di Desa Munggangsari Kecamatan Grabag Kabupaten Purworejo.

Tentang Penulis

& Komentar so far. Feel free to join this conversation.

  1. della 15/03/2010 pukul 19:35 -

    kalo bisa rinciannya lebih jelas agar orang dapat mencoba berternak ayam di atas lahan pasir pantai. dengan demikian pengangguran di indonesia dapat berkurang. sukses selalu

  2. slamet 08/03/2010 pukul 22:38 -

    Kreatif dan patut dicontoh para ahli lainnya. Take action, not talk only! (TANTO), bukannya No Action Talk Only (NATO). Selamat pak Winarto!

Leave A Response