Hama Tanaman Buah-buahan Tupai Kikis Merajalela di Dawuhan Wetan

Ditulis 18 Apr 2017 - 13:20 oleh Banyumas1

hama tupai

BanyumasNews.com, KEDUNGBANTENG – Akhir-akhir ini tanaman buah-buahan milik masyarakat Desa Dawuhan Wetan, Kecamatan Kedungbanteng, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, diserbu oleh hama pemangsa buah-buahan jenis Tupai Kikis (Tupai Kekes).

Tupai berciri khas mulut monyong seperti tikus cerurut ini memangsa buah-buahan seperti jambu lokal varietas Jamaica, jambu klutuk varietas Kristal dan kelengkeng.

Seperti dialami oleh Sumedi (68 th), warga Dusun Sangkal Putung, Desa Dawuhan Wetan, Kedungbanteng, Kabupaten Banyumas, pagi-pagiharus melongo ketika akan memetik buah dari tanaman yang tekun dirawatnya. Jambu lokal Jamaica yang ditunggu-tunggu masak, dengan ciri-ciri besar dan merah kehitam-hitaman, itu tinggal separoh karena dimangsa tupai kikis.

Demikian pula yang dialami warga dusun Sangkal Putung lainnya, bernama Budiman. Tanaman kelengkeng yang sudah dibrongsong rapih dengan plastik dimangsa tupai kikis.

“Tupai kikis memang luar biasa. Berbeda dengan hama buah-buahan kelelawar, buah yang sudah dibrongsong tak akan dimangsa kelelawar. Tetapi tupai kikis sangat pintar, tetap bisa menjangkau buah kelengkeng yang sudah saya brongsong dengan rapih”, kata Budiman.

Jambu salah satu yang dimangsa tupai kikis

Dengan menggunakan mulutnya yang monyong, lanjutnya, brongsongan buah tetap bisa ditembus. Tupai Kikis  dengan mulutnya yang monyong bisa membongkar brongsongan lewat  ranting yang berbuah.

“Anehnya, buah kelengkeng yang dimangsa tetap ada kulitnya, tetapi daging buahnya sudah terkikis habis,” keluh Budiman.

Sumedi berpendapat, merajalelanya hama buah-buahan tupai kikis ada hubungannya dengan  musim  penghujan dobel yang melanda lereng selatan Gunung Slamet. Akibatnya,  tanaman buah-buahan lainnya banyak yang tidak berbuah.

Tanah di Dawuhan Wetan umumnya mempunyai kelembaban tinggi, maka hujan yang berkepanjangan sangat mempengaruhi munculnya bunga pada tanaman buah-buahan. Oleh karena itu, mangsa tupai kikis berupa buah-buahan sangat terbatas. Tanaman buah-buahan yang berbuah pun jadi sasaran tupai kikis.

Sebagaimana diketahui, Desa Dawuhan Wetan, Kecamatan Kedungbanteng, Kabupaten Banyumas dikenal menjadi  sentra pembibitan berbagai tanaman buah-buahan dan tanaman keras di Jawa Tengah. Banyak warga desa ini berwirausaha dalam bidang pembibitan tanaman tersebut. Hasil pembibitan tanaman yang dihasilkan tidak saja dikirim ke daerah-daerah di pulau Jawa, tetapi juga telah dikirim ke daerah-daerah luar pulau Jawa. (BNC/kiriman Hari Widiyanto)

 

Tentang Penulis

Leave A Response