Kebakaran Lumbir: Camat Galang Dana untuk Tiga Keluarga Korban

Ditulis 17 Apr 2017 - 12:13 oleh Banyumas1

BanyumasNews.com, LUMBIR – Tiga keluarga menjadi korban kebakaran rumah di RT 2 RW 3 Grumbul Jetis, Desa Canduk, Kecamatan Lumbir, Banyumas pada Sabtu (15/4/2017) sore. Tiga keluarga tersebut yaitu keluarga Mustaji Sugino (60), Kaslim (45) dan Rasmun (40).

Camat Lumbir Budi Nugroho mengatakan, kebakaran itu pertama kali diketahui oleh Kastirah (25) warga setempat yang sedang berada di depan rumah. Kastirah melihat api yang membakar pojok depan rumah Mustaji Sugino dan berteriak.

Teriakan minta tolong adanya kebakaran langsung membuat warga setempat berdatangan sambil berupaya memadamkan api dengan menggunakan alat seadanya.

“Namun karena kondisi rumah yang terbuat dari kayu dan bambu, rumah Mustaji dengan cepat terbakar bahkan merembet ke kedua rumah yang ada di kanan kirinya,” katanya.

Setiap kejadian pasti ada hikmah, dan masih beruntung saat kejadian tidak ada warga yang ada di dalam rumah. Tidak bisa dibayangkan kalau kebakaran itu terjadi dan ada orang di dalam rumah.

Rumah Warga tinggal puing akibat kebakaran di Lumbir

Budi menambahkan saat ini mereka masih mengungsi di tempat saudara mereka. Untuk rumah Mustaji, nyaris tak ada yang bisa diselamatkan. Sementara itu dua rumah lain yang turut terjalar kebakaran juga perlu perbaikan sejumlah komponen rumah mereka.

“Yang paling besar kerugiannya adalah rumah Mustaji karena rumah berukuran 8×8 meter itu beserta isinya termasuk, 14 karung padi, sepeda motor dan surat penting lainnya ludes terbakar. Kerugian yang ditanggung Mustaji ditaksir mencapai Rp 50 juta,” jelasnya.

Sementara kerugian material yang ditanggung Kaslim dan Rasmun masing-masing mengalami kerugian Rp 20 dan Rp 10 juta. Karena dua rumah lainnya ini terkena rembetan api dari rumah Mustaji.

Untuk meringankan beban, Camat Lumbir berkoordinasi dengan Pemerintah Desa akan menggalang dana dan meminta bantuan logistik dan material dari berbagai pihak agar mereka bisa mendirikan rumah kembali. (BNC/pars/nan)

 

Tentang Penulis

Leave A Response