Mengenal Desa Ujung Alang, Desa Perairan di Kampung Laut Cilacap

Ditulis 14 Apr 2017 - 19:17 oleh Banyumas1

 

BanyumasNews.com, CILACAP – Kita sudah sering mendengar kata “Kampung Laut”. Frasa “kampung laut” sering muncul di media lokal maupun maupun nasional. Tapi mendengar kata “Ujung Alang”, barangkali hanya sedikit orang yang pernah mendengarnya.

Ujung Alang adalah satu dari empat desa dalam wilayah Kecamatan Kampung Laut, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Desa Ujung Alang saat ini dipimpin oleh Jarwo, sebagai kepala desa.

Menurut penuturan Jarwo, pada awal-awal kemerdekaan RI,  nama  ujung alang baru dijadikan sebagai nama salah satu pulau di Kampung Laut, belum dijadikan nama bagi sebuah desa. Ketika itu, kampung laut Cilacap baru dihuni beberapa orang, yang merupakan anak turun aparat keraton Mataram yang bertugas menjaga perairan Nusakambangan dari ancaman bajak laut.

Peta Kampung Laut Cilacap

Peta Ujung Alang (Hari W)

Wilayah desa Ujung Alang, 85 persennya adalah perairan. Desa ini  bisa dikatakan sebagai remote area (daerah terpencil) walaupun jaraknya tidak begitu jauh dari ibukota kabupaten Cilacap.

Letaknya dari kota Cilacap dipisahkan  oleh perairan Segara Anakan. Kalau mau ke sana, kita harus naik perahu 1,5 – 2 jam dari  Pelabuhan Sleko Cilacap. Bisa juga ditempuh dengan perahu dari desa Grugu, Kecamatan Kawunganten, yang hanya butuh waktu 45-60 menit.

Gua Masigit Sela (Humas PPS)

Di Ujung Alang ini ada gua bernama Gua Masigit Sela, yang merupakan tempat bersejarah. Ditulis dalam buku Babad Tanah Jawa karya Rafles (Gubernur Jenderal Inggris ketika menjajah Indonesia), gua tempat ziarah itu merupakan aset Keraton Mataram ketika masih berdiri di Kota Gede.

Kondisi geoografis Desa Ujung Alang berupa rawa-rawa, hutan bakau dan lahan tambak bandeng. Ada empat dusun yang masuk wilayah desa Ujung Alang. Untuk mencapai masing-masing dusun ‘kendaraan’ yang ada adalah perahu. Ya, kemana-mana harus naik perahu.

Jalan-jalan ke Ujung Alang menjadi sensasi tersendiri. Tidak terbayangkan oleh banyak orang bahwa di Jawa Tengah ini, khususnya Banyumas Raya, tepatnya di Cilacap masih tersisa (dan akan terus ada) sebuah desa perairan bernama Ujung Alang.

Oh ya, tentang ‘lurah’ Jarwo yang menjabat kepada desa sudah 14 tahun itu, akan ditulis dalam tulisan lain. Jadi pengin ke Ujung Alang? Anda para traveler yang suka perjalanan unik menemui masyarakat ‘terpencil’ yang dekat dengan ‘keramain’, Ujung Alang bisa menjadi alternative. (BNC/diolah dari laporan Hari Widiyanto)

Tentang Penulis

Leave A Response