Ini Wejangan Cak Nun di Alun-alun Purbalingga

Ditulis 09 Apr 2017 - 19:01 oleh Banyumas1

 

BanyumasNews.com, PURBALINGGA – Ini wejangan Emha Ainun Najib atau yang lebih akrab dipanggil dengan Cak Nun ketika bersama grup Kyai Kanjeng tampil di Alun-alun Purbalingga, Sabtu (08/04/2017) malam, di depan ribuan umat Islam Purbalingga dan sekitarnya.

Dalam acara bertajuk Sholawat Nariyah Bersama Cak Nun dan Kyai Kanjeng itu, Cak Nun mengatakan Shalawat Nariyah itu merupakan perwujudan permohonan doa kepada Sang Pencipta terhadap berbagai permasalahan kehidupan yang dialami di dunia ini.

Dikatakan, ada tiga nilai yang harus dipegang dalam mengarungi kehidupan, yaitu nilai kebenaran, nilai kebaikan dan nilai keindahan. Apabila ketiga nilai tersebut dapat diterapkan dalam kehidupan, maka hidup inipun akan penuh arti.

Di bagian lain, Cak Nun berpesan agar dalam kehidupan  ini, kita tidak boleh menyakiti dengan sesama ummat manusia.

Dalam konteks kepemimpinan, Cak Nun juga menyampaikan makna dari lirik lagu “Gundul-gundul Pacul”, yang dapat menjadi salah satu inspirasi dalam kepemimpinan.

“Bupati dalam melaksankan amanah rakyat diibaratkan sedang nyunggi wakul. Jangan sampai wakul yang disunggi ngglimpang (jatuh), karena kalau sampai ngglimpang berarti dia tidak bisa melaksanakan amanat dari rakyat”, ujar Cak Nun penuh semangat.

“Kita doakan mudah-mudahan Bupati dan Wakil Bupati dapat mengemban amanah ini sampai khatam (selesai)”, imbuhnya.

Cak Nun juga memberikan nasehat kepada para generasi muda yang diwakili oleh para Santriwati dari Pondok Pesantren An-Nahl Karangreja, Kutasari,  agar dalam kehidupannya tetap optimis dan bercita-cita menjadi manusia yang bermanfaat bagi masyarakat. “Janganlah cita-cita hanya diukur secara kwantitatif, namun diukur secara kwalitatif”, katanya.

Hidup itu harus bermanfaat bagi sesamanya, sambung suami Novia Kolopaking itu.

Acara shalawat nariyah dihadiri ribuan umat Islam dari Purbalingga dan sekitarnya, berlangsung hingga tengah malam jelang dini hari. (BNC/bs/ph)

Tentang Penulis

Leave A Response