Ganjar Nilai Bupati se Eks Karesidenan Banyumas Kreatif Atasi Kemiskinan

Ditulis 28 Mar 2017 - 08:16 oleh Banyumas1

BanyumasNews.com, PURWOKERTO -Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menilai Bupati pemerintah kabupaten se-eks Keresidenan Banyumas cukup kreatif dalam mengatasi masalah kemiskinan di wilayah masing-masing. Hal itu dikatakan Ganjar saat membuka Musyawarah Rencana Pembangunan Wilayah (Musrenbangwil) eks Keresidenan Banyumas di Banyumas, Senin (27/03/2017).

Ganjar menyampaikan terima kasih karena kabupaten/kota punya cara tersendiri untuk menanggulangi kemiskinan dan cukup kreatif.

Murenbangwil eks Keresidenan Banyumas digelar di Pendopo Duplikat Si Panji, Kecamatan Banyumas, Kabupaten Banyumas, dihadiri para kepala daerah dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah serta kepala organisasi perangkat daerah dari Kabupaten Banyumas, Cilacap, Purbalingga, dan Banjarnegara.

Sebagai contoh kreatif para Bupati, dicontohkan upaya penanggulangan kemiskinan yang dilakukan Pemkab Purbalingga berupa kegiatan rehab rumah tidak layak huni setiap hari Jumat usai salat Subuh sebanyak lima unit.

Sedangkan di Banyumas, dilakukan dengan cara penambahan gizi dan kalori bagi warga miskin. Namun demikian, ia mengakui masih ada beberapa persoalan yang harus dibicarakan dalam masalah kemiskinan, salah satunya kesehatan.

“Kalau kita bicara berdasarkan data yang saya pegang, untuk capaian akses jamban saja paling tinggi Cilacap. Artinya, sebagian besar masyarakat Cilacap kalau buang air sudah di jamban,” katanya.

Gubernur mengatakan berdasarkan data, capaian jamban di Kabupaten Cilacap telah mencapai 81,19 persen, Purbalingga 79,11 persen, Banyumas 64,82 persen, dan Banjarnegara 48,82 persen.

Terkait hal itu, Gubernur mengajak seluruh kepala daerah di eks Keresidenan Banyumas untuk mendorong masyarakat agar memperbaiki pola hidup mereka.

“Sehingga tidak buang air besar di sembarang tempat”, katanya. (BNC/*)

 

Tentang Penulis

Leave A Response