Dua kantor DPC PDIP disegel kader sendiri

KEBUMEN – Di hari Jum’at (05/03) pekan ini terjadi dua penyegelan dua kantor DPC PDIP sekaligus oleh para kadernya sendiri. Satu terjadi di DPC PDIP Kebumen, dan satunya lagi di DPC PDIP Purworejo.   Keduanya terkait hal hampir sama: soal Konfercab (Konferensi Cabang).

Di Kebumen, aksi penyegelan kantor sekretariat DPC PDIP di Jalan Sarbini Kebumen, dilakukan sekitar 300 kader dan Satgas PDIP dari 18 pengurus anak cabang (PAC). Koordinator aksi, Nuryanto Pramudono, mengatakan, aksi dilakukan karena DPC dinilai melanggar AD/ART dengan tidak menjalankan instruksi DPP untuk melaksanakan Konfercab, yang seharusnya dilaksanakan hari Jum’at (05/03) itu.

Ke-18 PAC itu juga menolak dengan tegas rekomendasi DPP atas pasangan “Rustri” (Rustriyanto-Rini) sebagai calon bupati-wakil bupati dalam Pilbup Kebumen.  Mereka bahkan meminta pembekuan DPC PDIP Kebumen yang disebut pengurusan DPC mirip ‘partai keluarga’.

Seperti diketahui, Sekretaris DPC PDIP Kebumen, Rustriyanto, adalah adik kandung Rustriningsih yang kini menjadi Wakil Gubernur Jawa Tengah.

“Dalam instruksi yang ditandatangani oleh Ketua DPP PDIP R Adang Ruchiatna P dan Sekjen Pramono Anung DPP memutuskan Konfercab berlangsung 5 Maret 2010. Tetapi oleh DPC tidak dilakukan”, jelas Nuryanto.

Secara terpisah, Sekretaris DPC PDIP Kebumen, Rustriyanto, mengatakan belum digelarnya Konfercab disebabkan DPC masih belum menerima klarifikasi dari DPD terkait laporan terhadap dua PAC, yakni PAC Pejagoan dan Karanganyar.

Menurutnya, rapat pleno PAC Karanganyar masih terjadi persoalan, yakni dua orang yang tidak memiliki SK ternyata mengikuti rapat pleno. Sedang untuk Pejagoan, keabsahan SK Ketua PAC Pejagoan masih bermasalah.

Di Purworejo

Selain menyegel dan merusak kantor DPC PDIP Kabupaten Purworejo, massa yang mengaku dari Forum Komunikasi PAC dan Satgas PDIP Purworejo nyaris baku pukul dengan sejumlah pengurus partai. Saat datang mereka membentangkan spanduk bertuliskan penolakan hasil Konfercab pada 21 Februari 2010 yang menetapkan Luhur Pambudi sebagai Ketua DPC PDIP Purworejo menggantikan Angko Setiyarso Widodo.

Luhur Pambudi yang saat itu berada di  dalam kantor dan akan menggelar rapat langsung diamankan polisi dari kemungkinan amukan massa. Menurut Wakil Ketua PAC Kecamatan Bagelen, Slamet Dwi Sumitro, penolakan itu lantaran Konfercab tak melibatkan pengurus PAC. (BNC/ist)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.