PIK R SMA 4 Gelar Sosialisasi Generasi Sehat

Ditulis 26 Mar 2017 - 17:49 oleh Banyumas1

 

BanyumasNews.com, PURWOKERTO – Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK R) Bahagia SMA Negeri 4 Purwokerto, menggelar sosialisasi “generasi sehat” (Genre) Minggu (26/03/2017) di Taman Kota Balai Kemambang Purwokerto. Sosialisasi generasi sehat meliputi bahaya penyalahgunaan narkoba, seks bebas dan Triad Kesehatan Reproduksi Remaja.

Ketua PIK R Bahagia Karin mengatakan, kegiatan diikuti oleh puluhan siswa dengan mengandeng remaja sekitar Balai Kemambang. Kegiatan diawali dengan senam persahabatan, kemudian para siswa menghampiri para pengunjung untuk dikenalkan PIK R dan Triad Kesehatan Reproduksi Remaja.

Acara sosialisasi dilakukan dengan Genre Kit dan permainan ular tangga. Anak-anak yang sudah dibekali ini tak canggung-canggung mengajak para pengunjung untuk diajak bermain sambil mengedukasi mereka.

“Materi sosialisasi tergantung usia, untuk para remaja edukasi tentang bahaya penyalahgunaan narkoba, bahaya seks bebas, dan kesehatan reproduksi. Sedangkan untuk orang tua adalah parenting dan cara berkomunikasi dengan anak,” kata Karin.

Anggota PIK R SMA 4 Purwokerto berinteraksi dengan pengunjung taman

Lebih lanjut Karin mengatakan keprihatinan dengan banyaknya korban narkoba, dan bahaya seks bebas yang bisa menyebabkan penyakit HIV dan Aids. Hal ini menuntut kelompoknya untuk berbuat dan berkegiatan sosialiasi ini.

Keasyikan mereka bersosialisasi terganggu dengan turunnya hujan, tetapi mereka tetap menggunakan tempat dan kesempatan yang ada untuk berkomunikasi dengan pengunjung taman.

Wisatawan dari Jakarta dr Bastiar Husein yang kebetulan berkunjung di Taman Balai Kemambang, penasaran dengan permainan siswa-siswa PIK R dan pengunjung. Dia dan istripun ikut bergabung dalam Genre kit dan permainan ular tangga. Bastiar mengaku kagum pada kegiatan sosialisasi yang dilakukan.

“Kegiatan sosialisasi ini dilakukan dengan santai, tetapi bisa masuk pada benak peserta, karena dikemas dengan permainan. Inilah salah satu cara pembangunan manusia seutuhnya yang baik, karena peserta dan narasumber terlibat interaktif dan tentu ini sangat baik dilakukan di lingkungan masyarakat,” kata dokter ahli paru-paru yang hadir bersama keluarganya.

Bravo PIK R SMA N 4 Purwokerto. (BNC/pars)

Tentang Penulis

Leave A Response