Tingkatkan Pengunjung, SEGAMAS Jadi Pusat Even

Ditulis 06 Mar 2010 - 10:37 oleh Banyumas1

PURBALINGGA – Setelah mengakomodir keinginan pedagang menjadikan Pasar Segamas sebagai UPT bukan perusda, Pemkab Purbalingga juga berupaya meningkatkan jumlah kunjungan ke pasar baru itu. Harapannya, penghasilan pedagang akan terdongkrak, kesejahteraanpun segera mereka raih.

“Yang paling dibutuhkan pedagang sebenarnya bagaimana dagangannya laku. Dagangan laku itu sangat tergantung dari jumlah pengunjung. Karenanya, pemkab mencoba menfasilitasi dengan menghimbau masyarakat menggelar kegiatan atau even di Pasar Segamas,” jelas Bupati Triyono Budi Sasongko, Sabtu (6/3).

Even pertama yang akan dilakukan dalam bulan Maret ini berupa Festival Ebeg dan Lomba Mewarnai. Bupati secara khusus menunjuk Dewan Kesenian Purbalingga untuk menjadi pengelola kegiatan (event organizer) rangkaian acara tersebut.

Ketua Dewan Kesenian Purbalingga (DKP) Haryono Sukiran membenarkan pihaknya ditunjuk langsung oleh Bupati untuk membuat kegiatan kesenian di Pasar Segamas.

”Memang betul. Ini sebuah kehormatan bagi kami para pelaku seni, untuk ikut andil meningkatkan jumlah pengunjung di Pasar Segamas. Kami memilih Festival Ebeg, selain sebagai upaya ’nguri-uri’ budaya tradisional, karena ebeg juga masih diminati oleh masyarakat Purbalingga secara luas. Kalau banyak yang datang, semoga juga yang datang jadi ingin masuk ke pasar dan belanja kebutuhan,”jelasnya.

DKP juga membidik segmen anak-anak dengan menggelar Lomba Mewarnai. ”Kalau even buat anak-anak, pasti orang tuanya minimal ibunya ikut. Para ibu kan suka belanja dan anak-anak biasanya suka jajan, jadi kami rasa ini memperbesar peluang meningkatkan jumlah pengunjung yang berbelanja di Pasar Segamas,” jelasnya lagi.

Uniknya, untuk kegiatan Festival Ebeg, panitia melarang kegiatan itu menjadi ajang tance atau mendem. ”Niat kita kan untuk memberikan keuntungan pada pedagang, bukan merugikan. Kalau mendem, kita khawatir lebih banyak merugikan daripada menguntungkannya. Peserta juga wajib menjaga keamanan dan ketertiban jalannya festival,” tambahnya.

Rencananya, Festival Ebeg akan dilaksanakan Selasa-Rabu, 23-24 Maret 2010. Sehari setelahnya, Kamis 25 Maret 2010, dilanjutkan Lomba Mewarnai. Kedua ajang lomba ini dipusatkan pendaftarannya di Radio Suara Perwira, Kompleks Pendopo Cahyana Rumah Dinas Wakil Bupati Purbalingga. (BNC/cie)

Tentang Penulis

Leave A Response