DKP Gelar Festival Ebeg di Pasar SEGAMAS

Ditulis 06 Mar 2010 - 10:35 oleh Banyumas1

kuda-lumping

PURBALINGGA – Dewan Kesenian Purbalingga (DKP) dalam waktu dekat akan menggelar Festival Ebeg di Kompleks Pasar SEGAMAS. Selain untuk meningkatkan jumlah pengunjung ke Pasar SEGAMAS, kegiatan ini juga sebagai upaya melestarikan kesenian tradisional asli Purbalingga yang tetap digemari masyarakat sampai saat ini.

“Sasaran kami grup ebeg se-Kabupaten Purbalingga, sebagai perwakilan 18 kecamatan. Mereka memperebutkan Trophy Bupati dan uang pembinaan senilai total tiga juta rupiah,” jelas Ketua Umum Haryono Sukiran, Sabtu (5/3).

Untuk menjadi Penyaji Terbaik, para peserta harus unggul dalam tiga unsur penilaian, yakni harmonisasi antara karawitan dan tarian, penyajian (garapan) serta kreativitas (musik, kostum, tari, orisinalitas).

Uniknya, meskipun kesenian ebeg lekat dengan dunia mistis, panitia melarang terjadinya trance atau mendem. Peserta juga diminta untuk menjaga keamanan dan ketertiban selama festival berlangsung.

“Jangan sampai, niat kita untuk meningkatkan jumlah kunjungan Pasar SEGAMAS justru sebaliknya, bikin ricuh yang akan merugikan para pedagang,” jelas pria yang telah puluhan tahun berkecimpung di dunia seni ini mantap.

Festival Ebeg ini akan dilaksanakan selama dua hari, Selasa – Rabu 23 dan 24 Maret 2010. Pendaftaran paling lambat Senin (22/3) di Radio Suara Perwira (RSP) Kompleks Rumah Dinas Wakil Bupati atau di Sekretariat Dewan Kesenian Purbalingga, Jl. Wiramenggala No. 53 Penambongan Purbalingga. (BNC/cie)

Tentang Penulis

Leave A Response