360 Ketua RT/RW Siap Sukseskan Adipura

Ditulis 06 Mar 2010 - 10:29 oleh Banyumas1


PURBALINGGA – Sebanyak 360 orang Ketua RT dan Ketua RW se-Kecamatan Purbalingga mengaku siap sukseskan Purbalingga raih kembali Penghargaan Adipura. Pamong masyarakat di lingkungan terkecil ini sengaja diundang secara khusus oleh Bupati Triyono Budi Sasongko di Pendopo Dipokusumo Rabu malam (3/3), untuk memotivasi warga kota menciptakan lingkungan bersih, teduh dan indah.

“Tugas Ketua RT dan Ketua RW sangat mulia dan penuh pengorbanan karena tidak digaji secara khusus oleh pemerintah. Tapi justru Ketua RT dan Ketua RW-lah yang selama ini menjadi ujung tombak keberhasilan semua program pemerintah, termasuk dalam upaya mensukseskan Adipura,” ujar Bupati.

Menurut Bupati, koordinasi di tingkatan RT dan RW justru lebih efektif untuk menggerakkan masyarakat, seperti melakukan kerja bakti, sosialisasi dan perekrutan peserta JPKM, antisipasi DBD dan Malaria, dan masih banyak lagi. Bahkan untuk lebih mendorong masyarakat meraih kembali Adipura, Bupati siap sesekali menghadiri kegiatan sosialisasi di tingkat RT dan RW.

Sementara itu, Kepala Kantor Lingkungan Hidup Drs. Ichda Masrianto, M.Kes dalam laporannya mengatakan, pihaknya telah merumuskan beberapa strategi meraih kembali Adipura. Beberapa strategi itu antara lain mengoptimalkan kinerja Tim Adipura Kabupaten, mencermati kelemahan nilai Adipura, mobilisasi fisik menurut prioritas, membagi peran dan tanggung jawab SKPD terhadap lokasi pantau, mengadakan lomba kebersihan selain bulan Agustus di tingkatan sekolah, kantor, PKK, Dasa Wisma dan RT-RW, serta melakukan penanaman pohon dan studi banding.

Dalam acara yang sama, Bupati menyerahkan bantuan kepada Forum Purbalingga Bersih senilai total Rp. 57,6 juta dengan perincian untuk Forum Purbalingga Bersih tingkat Kabupaten senilai Rp. 6,6 juta dan untuk Forum Purbalingga Bersih tingkat Kelurahan/ desa senilai Rp. 51 juta. (BNC/cie)

Tentang Penulis

Leave A Response