Dari gelaran ‘Kangen kanca bali Prakerta’: Sejarah SMAN 2 Purwokerto ‘lebih tua’ dari usia Republik

Ditulis 06 Mar 2010 - 10:08 oleh Banyumas1

PURWOKERTO – Dari gelaran reuni akbar daalam rangka HUT SMA Negeri 2 Purwokerto yang ke 60, yang diadakan di pecan terakhir Pebruari 2010, terbetik kenangan yang menggugah hati. Selain rasa syukur, juga terbersit kebanggaan pada sekolah yang telah mencapai usia ‘dewasa’ ini.

Tapi, tahukah Anda sekolah ini pernah menjadi asrama Ken Pe Tai (Tentara Jepang), markas tentara Belanda dan asrama batalyon Rajawali dari TNI? Berikut sekilas sejarah SMAN 2 Purwokerto.

Gedung SMA Negeri 2 Purwokerto terletak di jantung kota Purwokerto, di tempat yang sangat strategis, tepatnya di Jalan Gatot Soebroto Purwokerto, dan masuk  dalam wilayah Kelurahan Sokanegara, Kecamatan Purwokerto Timur, Kabupaten Banyumas.

Menurut catatan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banyumas, sekolah favorit ini memiliki sejarah yang panjang, bahkan lebih panjang dari usia Republik ini. Gedungnya  yang bersejarah itu, dibangun di areal seluas  30.000 m2  dengan luas bangunan panjang 100 m , lebar 10 m dan tinggi 8 m. Pertama kali dibangun  oleh Pemerintah Hindia Belanda pada tahun 1929,  yang memang diperuntukkan bagi sekolah Kweekscool / Normal School,  dan dipergunakan  sampai diambil alihnya pemerintahan Hindia Belanda  oleh penjajah Jepang Tahun 1942.

Oleh penjajah Jepang Kweekschool dibubarkan  dan gedungnya dipakai sebagai asrama Ken Pe Tai  (Polisi Militer Jepang).  Setelah Jepang  kalah, Belanda berupaya masuk  kembali ke Indonesia tahun 1947 dan gedung ini digunakan sebagai  markas tentara Belanda hingga tahun 1949.  Setelah Belanda kalah dan harus meninggalkan Indonesia tahun 1949, bekas asrama Belanda ini dipergunakan sebagai  asrama tentara Bataliyon Rajawali.

Dan ketika Gatot Subroto menjabat sebagai  komandan Divisi  di Jawa Tengah tahun 1950, fungsi gedung  dikembalikan seperti semula yaitu sebagai gedung sekolah. Jadi perhitungan usianya yang ke 60, dihitung sejak difungsikannya kembali gedung bersejarah itu di tahun 1950.  (BNC/puh)

Jalan Sehat bersama Bupati Mardjoko (alumni) - foto from Goyon

Jalan Sehat bersama Bupati Mardjoko (alumni) - foto from Goyon

bakti sosial penghijauan di Gandatapa - foto from Goyon

bakti sosial penghijauan di Gandatapa - foto from Goyon

Jalan sehat 60 tahun sekolah kebanggan SMAN 2 - foto from Goyon

Jalan sehat 60 tahun sekolah kebanggan SMAN 2 - foto from Goyon

Kompak: Smada angk 84 - foto from Goyon

Kompak: Smada angk 84 - foto from Goyon

Tentang Penulis

& Komentar so far. Feel free to join this conversation.

  1. Banyumas1 22/04/2010 pukul 18:11 -

    Terima kasih atas perhatiannya. Website ini memang didedikasikan untuk mengungkap potensi di sekitar Banyumas sebagaimana yang Anda inginkan, selain berusaha memberikan informasi / berita yang up to date. Untuk mencari arsip berita ada halaman (page) “CARI ARSIP” yang ada di kanan bawah (di atas video). Demikian, terima kasih atas perhatiannya. Salam

  2. Banyumas1 22/04/2010 pukul 09:42 -

    Anda bisa menghubungi langsung ke kantor TU SMAN 2 Purwokerto

  3. Ngasifudin 22/04/2010 pukul 09:17 -

    Kepada Redaksi Banyumasnews.com
    di Purwokerto.

    Terus terang saya baru membaca website ini, tetapi saya belum menemukan menu tentang info yang berisi pengumuman kegiatan yang akan terjadi di tlatah banyumas. Kemudian pengumuman2 yang sudah terlewati dijadikan menu arsip pengumuman, siapa tahu ada yang ingin membaca lagi informasinya.
    Juga belum ada menu tentang kekayaan2 yang ada di wilayah banyumas, baik kekayaan alam, seni, budaya, wisata dsb. semuanya diarsipkan.

    Demikain usulan saya, atau mungkin hal tersebut diatas sudah tercantum cuma saya saja yang belum tahu posisinya, untuk itu saya mohon maaf. Hal ini semata-mata saya tiba2 sudah merasa memiliki web ini karena saya orang asli banyumas banget.

    Matur kesuwun

    Ngasifudin, Sudagaran Banyumas.

  4. Ngasifudin 22/04/2010 pukul 08:28 -

    Assalamu’alaikum wr.wb.-

    Waduh saya terlambat membuka website banyumasnews.com. Saya alumni SMA 2 Praketa lulus tahun 1977. Saya tertarik dengan berita reuni akbar kangen kanca bali praketa 26-27 Februari 2010, tapi sudah terlambat. Apakah saya masih bisa memiliki kaos seragam seperti yang tercantum pada gambar di web ini ? Kepada siapa saya bisa menghubungi panitia reuni akbar SMA 2 Purwokerto ini?
    Terima kasih atas perhatian pengasuh web ini.

    Wassalamu’alaikum wr.wb.-

    Ngasifudin ( Angkatan 75, Kelas IC, Kelas II PP2, Kelas III PP1, lulus 1977)
    Jalan Pramuka No 246 Desa Sudagaran BANYUMAS.
    Email : pakngasifudin@gmail.com
    Nomer HP : 08179444458

Leave A Response