Jalan Longsor, Jalur Utama Bumiayu-Purwokerto Nyaris Putus

BANYUMAS-Bahu jalan utama Jakarta-Purwokerto yang berada di ruas Desa Ciberung Kecamatan Ajibarang Banyumas, Jawa Tengah, Sabtu (06/03) longsor. Ambrolnya pondasi di sisi sebelah barat ini merupakan kali ketiga, setelah sebelumnya di lokasi ini longsor juga terjadi akibat gerusan sungai yang berada di sisi jalan.

Kondisi jalan nasional yang menjadi lalu lintas utama ini sudah sangat memprihatinkan. Selain pondasi ambrol sepanjang 5 meter, gerusan air juga terus mengikis tanah hingga memakan jalan hampir dua meter.

Ironisnya meski kondisinya sudah parah, hingga kini belum ada upaya apapun dari pihak terkait. ” Setiap hari jalan ini dilalui bus bus dari Jakarta dan Purwokerto, kalau dibiarkan lama lama jalan ini habis,” ujar Wono (23) warga setempat.

Menurut sejumlah warga, semula jalan itu hanya terkikis sebagian kecil, namun kini tanah tersebut semakin ambrol dan melebar dan memakan bahu jalan. Kini jalan tersebut tinggal sekitar tiga meter dan kendaraan harus bergantian jika mel

Longsornya ruas jalan nasional di Desa Ciberung Ajibarang ini makin melebar (mut/BNC)
Longsornya ruas jalan nasional di Desa Ciberung Ajibarang ini makin melebar (mut/BNC)

ewati lokasi tersebut.

Selain akibat hujan dan gerusan sungai kecil yang berada disisi jalan, longsor juga akibat penggalian tanah untuk kabel optik telepon. ” Karena lubang galian tersebut dibiarkan, air akhirnya meresap dan merusak pondasi jalan, jadinya ya begini,” tambah warga setempat.

Meski kondisinya sudah parah, belum ada tanda tanda bakal diperbaiki (BNC/mut)
Meski kondisinya sudah parah, belum ada tanda tanda bakal diperbaiki (BNC/mut)

Untuk menghindari kecelakaan, warga menempatkan tiga buah drum di sekitar lokasi. Sementara kendaraan yang melewati ruas tersebut harus ekstra hati hati. Karena sewaktu waktu jalan bisa ambrol dan menimbulkan kecelakaan (BNC/mut)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.