Kuliner Ikan Lembutan: Tiga Warung Makan Ini Layak Anda Coba

Ditulis 12 Mar 2017 - 22:48 oleh Banyumas1

 

 

kuliner BanyumasBanyumasNews.com, PURWOKERTO – Rumah makan atau warung makan dengan menu tradisional, mirip-mirip masakan di rumah, tidak tenggelam di tengah menjamurnya rumah makan resto modern. Menu kuliner ikan lembutan goreng misalnya, tetap memiliki penggemar.

Di Banyumas, Anda tidak akan sulit mencari warung makan dengan menu ikan tawar kecil-kecil (Jawa: lembutan), yang ikannya diambil dari Sungai Serayu, Logawa, dan sungai-sungai kecil (kalen) yang ada di kabupaten Banyumas.

Kuliner Banyumas kali ini memuat tiga warung makan dengan menu andalan ikan lembutan yang layak Anda coba… dan semua sudah pernah disambangi oleh BanyumasNews.com.

1. Warung Gudril

Warung ini ada di jalan raya Sidabowa, dari prapatan Tanjung ke selatan sekitar 5 km, berada di kanan jalan jika Anda dari Purwokerto. Dari arah selatan (Patikraja/Cilacap) ada di kiri jalan setelah tikungan leter S di uutara SPBU.

Warung Gudril sudah terkenal oleh berbagai kalangan. Menu andalannya ya ikan lembutan goreng. Konon nama Gudril singkatan dari ‘gairah uwong desa remen iwak lunjar’ (semangat orang desa yang senang ikan lunjar).

Lunjar adalah nama ikan kecil yang hidup liar di sungai.

Menu lain yakni aneka ikan tawar seperti melem, lele, udang, belut. Ada pula  ayam goreng. Tidak usah khawatir bagi penggemar sayuran, karena tersedia lengkap uraban, lalaban, tumis, dan  sayur bening. Menu khas Banyumas tempe mendoan juga ada, plus pete, jengkol dan tentu saja sambal dadak.

Tempat parkir warung Gudril luas, memuat untuk beberapa mobil, bahkan bus besar atau truk pun bisa parkir di situ.

2. Warung Makan Lik Tuti

Warung Makan Lik Tuti ada di Kaliori, Kabupaten Banyumas. Tepatnya di pinggir jalan tembus Banyumas – Patikraja, jalan yang membentang sejajar dengan sungai Serayu.

Menu andalannya ikan goreng yang berasal dari Sungai Serayu, seperti baceman, cenggaringan, kutuk, lele, mujair, dan lain-lain. Juga ikan kelembutan tentu saja.

Sambalnya juga oke, juga lalapan segar tersedia di sini. Demikian pula oseng-oseng sayuran yang dimasak ala masakan rumahan. Menu ayam goreng juga tersedia di warung Lik Tuti ini.

Menu RM Lik Tuti

Yang unik di warung ini, harga ikan dihitung per kilogram. Jadi ketika mengambil ikan goreng, ditimbang dulu. Bagi Anda yang akan ke warung Lik Tuti, jika Anda dari arah Purwokerto/Sokaraja, menjelang jembatan Kali Serayu silahkan Anda berbelok ke kanan (arah barat) menyusuri jalan pinggiran sungai. Sedangkan untuk Anda yang datang dari arah Buntu/Banyumas, setelah melewati jembatan kira-kira 50 meter, Anda langsung belok kiri. Dari pertigaan jarak ke warung “Lik Tuti” kira-kira sejauh 1 kilometer. Lokasinya di sebelah selatan jalan.

Dari kota Purwokerto Anda juga bisa melalui jalan alternatif Gunung Tugel, kemudian belok kiri di pertigaan Pegalongan. Oh ya tersedia parkir untuk beberapa mobil kecil/pribadi.

3. Warung Budhe Mul Patikraja

Di antara tiga warung makan yang menyediakan ikan lembutan, warung Budhe Mul yang paling murah dari segi harga, tapi soal rasa… tidak kalah maknyusss…

Yang menjadi klangenan dari warung Budhe Mul itu ikan wadher dan sambal dadaknya yang hmmm.. bikin ngiler. Ikan lembutan warung Budhe Mul dari aneka jenis ikan kali Serayu, Logawa, dan kali-kali kecil (kalen) di sekitar Patikraja. Disupply oleh para penjala (tukang jaring) setempat.

Ada wadher, lembutan, goso/ gabus dan udang kali yang gurih. Menu lain juga tersedia. Jangan lupa sayur jantung (bunga pisang?) yang dikombinasikan dengan tahu… enak tenan.

Letak warung Budhe Mul persis di seberang Masjid Patikraja. Kalau dari arah Purwokerto berada di kiri jalan, persis setelah pertigaan arah ke Banyumas.

Area parkir di warung Budhe Mul ini memang agak sempit, belum lagi keramaian di seputar pasar Patikraja yang ramai setiap hari.

(BNC/puh)

Tentang Penulis

Leave A Response