Mardjoko: Banyumas siap menghadapi ACFTA

Ditulis 05 Mar 2010 - 07:18 oleh Banyumas1

logo banyumasPURWOKERTO – Bupati Banyumas, Drs. H. Mardjoko, MM optimis Kabupaten Banyumas siap menghadapi diberlakukannya Era Perdagangan Bebas Cina-ASEAN (ASEAN-China Free Trade Area/ACFTA) yang dimulai tahun 2010 ini.

Strategi yang akan diterapkan adalah mendukung kesiapan sektor riil,  dengan terus membina dan memperkuat sektor Pertanian, Industri Kecil Menengah (IKM) dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Tak kalah penting adalah pelayanan publik yang prima serta mewujudkan adanya Transparency (transparansi), Certainty (Kepastian) dan Security (Keamanan) untuk menjamin iklim usaha dan investasi yang kondusif.

Hal itu diungkapkan bupati saat menjadi Keynote Speaker pada Diskusi Panel Ekonomi dengan tema ”Menyelamatkan Usaha Sektor Riil di Wilayah Eks Karesidenan Banyumas dari Dampak Perdagangan Bebas Cina-ASEAN (ACFTA)”, yang diadakan PWI Perwakilan Banyumas, bekerjasama dengan Bank Indonesia Purwokerto dan jajaran Pemkab di Wilayah Eks Karesidenan Banyumas. Diskusi itu masih berkaitan dengan HUT PWI dan Hari Pers Indonesia ke-64, berlangsung Rabu (3/03) di Gedung Roediro Fakultas Ekonomi Unsoed, Purwokerto.

Diskusi dimaksudkan mengungkap upaya yang bisa dilakukan Pemkab dalam mengatasi dampak ACFTA bagi pengusaha sektor riil di Indonesia; merumuskan peran perbankan untuk mengatasi kemungkinan kebangkrutan dunia usaha sektor riil; merumuskan strategi yang bisa dilakukan pelaku usaha sektor riil dalam menghadapi persaingan dan gempuran produk-produk asal negara-negara ASEAN dan Cina; membangun sinergi antara pemerintah daerah, perbankan dan instansi terkait dalam menyelamatkan kelangsungan usaha di wilayah Eks Karesidenan Banyumas. (BNC/Ist)

Tentang Penulis

Leave A Response