900 Anggota PMR ramaikan Jumbara VI

Ditulis 22 Jul 2009 - 10:49 oleh Sista BNC

Sebanyak 900-an anggota Palang Merah Remaja (PMR) akan meramaikan arena Jumpa Bakti Gembira (Jumbara) VI Palang Merah Indonesia (PMI) tingkat Cabang Purbalingga 2009, yang akan digelar di Bumi Perkemahan Munjulluhur, Desa Karangbanjar, Kecamatan Bojongsari, 24-26 Juli, yang akan dibuka Bupati Drs Triyono Budi Sasongko MSi.
“Tujuan diselenggarakannya Jumbara PMR, tak lain untuk menumbuhkembangkan karakter kepalangmerahan dan peran anggota PMR, melalui penerapan Tri Bakti PMR, pendidikan remaja sebaya, Ayo Siaga Bencana, dan keterampilan hidup yang dimiliki anggota PMR. Itu tujuan umumnya,” ujar Ketua Panitia Jumbara PMR VI Cabang Purbalingga, Drs Suyitno, Rabu (22/7).
Sedangkan tujuan khususnya, untuk mengevaluasi proses pembinaan PMR, terutama dalam hal pelatihan, pelaskanaan Tri Bakti PMR, dan pengembangan kapasitas. Berjumpa untuk saling berbagi dan meningkatkan PKS (pengetahuan, keterampilan dan sikap), yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
Selain itu, membangun kerja sama dan persabahatan antar anggota PMR. Menyiapkan kader-kader pemimpin masa depan yang bertakwa kepada Tuhan YME, dan menyamakan persepsi antara pengurus, staf, pelatih PMI, pembina PMR, anggota Korp Suka-Rela (KSR), anggota Tenaga Suka-Rela (TSR) serta PMR dalam pembinaan PMR dengan pendekatan keterampilan hidup.
Suyitno yang juga Kepala Disbudparpora Kabupaten Purbalingga menjelaskan, peserta Jumbara terdiri anggota PMR Madia dan Wira dari pangkalan SMP/MTs, dan SMA/SMK/MA yang ada di Kabupaten Purbalingga. Peserta yang sudah mendaftar sebanyak 45 kontingen, berasal dari pangkalan SLTP 30 kontingen, dan pangkalan SLTA 15 kontingen.
“Jenis kegiatan Jumbara PMR 2009, meliputi review dan evaluasi, edukasi, sosialisasi dan persamaan persepsi, penerapan, dan rekreasi. Itu kegiatan Jumbara PMR sesuai alurnya. Sedangkan kegiatan Jumbara PMR sesuai maknanya, meliputi jumpa, bakti, gembira, dan kontingen,” ujar Suyitno, yang juga Wakil Ketua PMI Cabang Purbalingga menambahkan. (banyumasnews.com/pyt)

Tentang Penulis

Leave A Response