Banjir Bandang,Rumah Warga Ajibarang Terbawa Arus

Ditulis 02 Mar 2010 - 22:36 oleh Banyumas1

BANYUMAS-Hujan deras yang disusul banjir bandang di Banyumas mengakibatkan sebuah rumah warga hanyut terbawa arus. Beruntung seluruh penghuni berhasil keluar beberapa menit sebelum banjir menyeret rumah itu. Sementara akibat banjir, puluhan rumah di sepanjang sungai kini terancam longsor akibat gerusan air sungai.

Pemantauan BNC di lokasi kejadian,banjir bandang Sungai Tajum Desa karangbawang Kecamatan Ajibarang Banyumas inilah yang mengakibatkan rumah milik Katinah (56) warga setempat hanyut. Sementara puluhan rumah lainnya rusak dan terancam longsor akibat gerusan banjir.

Menurut Katinah, peristiwa terjadi saat hujan deras mengguyur wilayah Ajibarang sehari sebelumnya, Senin (01/03).Tiba tiba rumah yang dihuni bersama tiga anak dan cucunya itu bergeser. Mengetahui situasi berbahaya, mereka kemudian keluar. Wanita tua ini nyaris terseret banjir bersama rumah tersebut, karena saat keluar sempat terjatuh.

” Nggih kulo dawah teng mriki, meh bae kegawa banjir (ya saya jatuh disini, nyaris terbawa banjir-red),” ujar Katinah.

Akibat kejadian tersebut, separoh rumah milik Katinah hilang. Barang barang berharga yang berada di dalam rumah
tersebut hilang terseret banjir.

Sementara itu, banjirnya sungai terbesar kedua setelah Serayu ini juga mengakibatkan tiga rumah rusak dan puluhan lainnya dalam kondisi terancam longsor. Rumah yang berada disepanjang sungai itu, pondasi bagian samping rumah yang berada di sisi sungai ambrol.

Khawatir terjadi banjir susulan 12 kepala keluarga kini mengungsi kerumah kerabat mereka yang lebih aman. Meski kondisi pemukiman di sepanjang sungai itu sangat mengkhawatirkan, namun hingga kini belum ada penanganan apapun dari pemerintah setempat (BNC/mut)

Tentang Penulis

Leave A Response