Purbalingga Bakal Dirikan BUMD Beton Ready Mix dan Asphalt Mixing Plant

Ditulis 07 Feb 2017 - 15:34 oleh Banyumas1

BanyumasNews.com, PURBALINGGA – Pemkab Purbalingga, Jawa Tengah, terus mengembangkan diri sebagai kabupaten yang maju di tlatah Banyumas Raya. Dalam waktu dekat Purbalingga bakal menambah dua badan usaha milik daerah (BUMD) baru, melengkapi 8 BUMD yang sudah ada sebelumnya.

Hal itu terungkap ketika Bupati Purbalingga H. Tasdi, SH, MM menerima kunjungan study banding Pemkab Boven Digoen, Papua, di Operation Room Graha Adiguna komplek Pendapa Dipokusumo, Selasa (7/2/2017). Dua BUMD itu adalah Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Purbalingga Wisatatama dan Perseroan Daerah (Perseroda) Beton Ready Mix dan Asphalt Mixing Plant (AMP).

“Kita setiap tahun selalu ada kendala kalau mau ngecor jalan, karena harus berebut dengan daerah lain. Ke depan kita akan bangun sendiri beton ready mix dan aspal hotmix. Kita sedang kaji apakah menggunakan Perum atau PT,” kata Tasdi.

Asphalt Mixing Plant – ilustrasi

Sedangkan Perumda Wisatatama akan mengelola seluruh obyek wisata milik Pemkab Purbalingga dalam satu manajemen. Utamanya wahana wisata yang bersifat profit seperti Obyek Wisata Air Bojongsari (Owabong), Sanggaluri Park, Goa Lawa, City Park dan lainnya.

Sedangkan wisata yang bersifat pembinaan seperti 25 Desa Wisata yang dimiliki Purbalingga akan menjadi wewenang Dinas Pemuda Oleh Raga dan Pariwisata (Dinporapar).

Bupati menyampaikan di Kabupaten Purbalingga saat ini terdapat 8 BUMD di luar PT Bank BPD Jawa Tengah. BUMD itu terdiri dari 5 BUMD bergerak di bidang keuangan, pariwisata, pertanian dan air minum.

Modal disetor hingga 2016 lalu mencapai Rp 133,5 miliar. Terbanyak dikelola oleh PDAM Rp 47,2 miliar, kemudian Owabong Rp 31, 9 miliar dan PT. Bank Jateng Rp 24,4 miliar. Dari modal disetor berupa dana segar dan penyertaan asset, diperoleh deviden pada 2016 mencapai Rp 13,868 miliar. (BNC/IST/hr)

Tentang Penulis

Leave A Response