Kuliner Purwokerto: Demi Serabi Orang Rela Antri | Kue Serabi Cikal Jl Kombas

Ditulis 04 Feb 2017 - 07:52 oleh Banyumas1

serabi cikalBanyumasNews.com, PURWOKERTO – Kue serabi dikenal sebagai jajanan atau makanan tradisional Jawa yang sudah ada sejak lama. Di Purwokerto ada beberapa tempat penjual serabi. Kuliner BanyumasNews.com kali ini tentang kue serabi cikal, kuliner kota Purwokerto yang sedang trend.

Kue Serabi Cikal berlokasi di Jalan Kombas (Komisaris Bambang Suprapto), depan toko roti Queen, atau seberang Hotel Dominic agak ke timur sedikit. Lokasinya di trotoar, namun papan namanya jelas: Kue Serabi Cikal Cabang Purbalingga. Lho kok cabang Purbalingga?

Ya, Serabi Cikal utama atau pusatnya ada di Purbalingga, di Jalan Komisaris Noto Sumarsono No.21, Purbalingga Kidul, kota Purbalingga, Jawa Tengah. Kepopuleran di Purbalingga dibawa ke Purwokerto dan ternyata laris manis.

Serabi Cikal jl Kombas Purwokerto – sudah dipesan

Saking larisnya, orang harus antri setengah sampai satu jam demi mendapat kue serabi cikal. Saat kita datang, memang sepi tidak ada pembeli di depan lapak. Tapi aktifitas pembuatan serabi terus berjalan. Ternyata eh ternyata, itu pesanan dari pembeli yang sudah order lewat telpon/sms sehari sebelumnya.

BanyumasNews.com datang pagi pukul 5.45, langsung pesan 10 kue serabi. Harga Rp 2000 per serabi. Jadi Rp 20 ribu.

“Ntar jam setengah tujuh ya mas”, kata ‘mas-nya’ yang lagi bikin serabi.

Wih.. edan ah … (Gile nih), mau makan serabi harus menunggu hampir 1 Jam.

“Ya mas, karena yang ┬áini sudah pesanan..”

Ternyata kue serabi yang sudah berjejer matang itu sudah ada yang punya…

Serabi cikal cabang Purbalingga di Jl Kombas Purwokerto

Umumnya serabi cikal, ada dua rasa: manis dan biasa (putihan). Beda dengan serabi Solo yang sudah berinovasi dengan aneka rasa, serabi cikal masih bertahan pada dua rasa dua warna: merah dan putih. Serabi cikal jalan Kombas buka jam 04.30-10.00 WIB.

Kue serabi berbahan sederhana, tepung beras, tepung terigu, garam, kelapa parut (kelapa muda/cikal), gula merah, dan tambahan aroma seperti vanili dll yang tentu menjadi “rahasia perusahaan”.

Umumnya perapian pembuatan serabi jaman dulu dengan tungku bahan bakar kayu, namun kini sudah dengan perapian elpiji, seperti Serabi Cikal Cabang Purbalingga ini. Namun toh tidak mengurangi rasanya yang empuk gurih, berasa cikalnya, dan … pokoke maknyusss. Oh ya kalau mau pesan ini nomornya: 085101755579. (BNC/puh)

Tentang Penulis

Leave A Response