Sekolah di Jogja wajib nyanyikan “Indonesia Raya” sebelum jam pelajaran

Ditulis 28 Feb 2010 - 18:27 oleh Banyumas1

YOGYAKARTA  – Lagu kebangsaan Indonesia Raya tidak hanya akan berkumandang setiap Senin pagi saat upacara bendera. Namun mulai tahun pelajaran 2010/2011 mendatang, seluruh siswa dari tingkat sekolah dasar (SD) hingga sekolah menengah atas (SMA) di Kota Yogyakarta wajib menyanyikan lagu kebangsaan itu  sebelum jam pelajaran dimulai. Hal ini disampaikan Walikota Jogja Herry Zudianto.

“Ini adalah bagian dari upaya menumbuhkan semangat dan wawasan kebangsaan pada generasi muda dan pelajar, karena saat ini saya merasa galau dengan jiwa kebangsaan para pelajar,” katanya, Minggu (28/02).

Dengan menyanyikan Indonesia Raya, siswa diharapkan dapat menjiwai nilai-nilai yang terkandung dalam lagu tersebut sehingga memunculkan semangat dan jiwa kebangsaan. Selain menyanyikan lagu kebangsaan pada awal jam pelajaran, siswa juga diwajibkan untuk menyanyikan lagu-lagu nasionalisme setelah jam pelajaran berakhir, seperti Padamu Negeri.

Ia menyatakan, kewajiban siswa untuk menyanyikan lagu kebangsaan dan juga lagu nasionalisme tersebut akan diatur melalui sebuah peraturan wali kota (perwal) yang segera diterbitkan. Herry menyatakan, kegiatan menyanyikan lagu-lagu kebangsaan tersebut juga merupakan untuk menjadikan dunia pendidikan di Kota Yogyakarta memiliki karakter pembentukan wawasan kebangsaan dan nasionalisme yang kuat.

“Ada empat ciri khas pendidikan yang ingin dibangun di Yogyakarta, yaitu kebangsaan, wawasan lingkungan, religi dan bahasa,” katanya.

Selain menanamkan kebangsaan kepada pelajar dan pemuda, Walikota juga menyasar kalangan masyarakat luas, seperti pengusaha. Yaitu dengan cara  mewajibkan tempat usaha meletakkan bendera Merah Putih di depan pintu masuk toko.(BNC/ist/jn)

Tentang Penulis

Leave A Response