Jalur Losari – Sumampir Amblas | Berita Purbalingga

Ditulis 22 Jan 2017 - 18:56 oleh Banyumas1

BanyumasNews.com, PURBALINGGA – Intensitas hujan yang tinggi beberapa hari ini berdampak pada longsor dan amblasnya jalan. Dilaporkan, jalur jalan kabupaten di ruas Losari – Sumampir, Kecamatan Rembang, Purbalingga, Jawa Tengah, mengalami amblas sepanjang 50 meter. Kondisi tanah di jalan itu sangat labil, meskipun jalan tersebut sudah sempat dilakukan pengecoran. Amblasnya jalan itu membuat beda tinggi jalan yang lumayan menukik.

Bupati Purbalingga Tasdi SH, MM, Sabtu (21/01/2017) melakukan peninjuauan ke jalur jalan tersebut. Laju kendaraan rombongan harus terhenti dan berjalan ekstra hati-hati karena perbedaan tinggi jalan yang bisa membuat mesin kendaraan terkena batu. Karena kondisi beda jalan itu, sebaiknya kendaraan kecil untuk sementara tidak melalui jalur tersebut.

“Jalur ini seringkali amblas, meski sudah dilakukan pengecoran. Pergerakan tanahnya sangat labil,” katanya.

Bupati Purbalingga Tasdi (kiri) meninjau jalan amblas di Sumampir

Agar arus lalu lintas untuk menopang perekonomian warga tetap jalan, Bupati Tasdi memerintahkan Dinas Pekerjaan Umum (DPU) untuk melakukan perbaikan darurat. Perbaikan permanen membutuhkan anggaran yang cukup besar, sehingga untuk sementara diperbaiki darurat.

Kepala DPU Purbalingga, Ir Setiyadi, M.Si mengatakan, perbaikan darurat akan dimulai Senin (23/1) dengan melibatkan anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI). Perbaikan dengan menutup menggunakan batu dan pasir antara lokasi ambles dengan yang masih utuh sehingga perbedaan tinggi jalan bisa diperkecil. “Setelah perbedaan tinggi jalan semakin pendek, maka tinggal diaspal. Jalur ini kami prioritaskan untuk perbaikan sementara karena untuk mendukung kegiatan Festival jenderal Soedirman yang akan dihadiri Menhankam Ryamizard Ryacudu pada Selasa (24/1),” kata Setiyadi. (BNC/yit)

Tentang Penulis

Leave A Response