Giliran Fajar Subekti divonis 5 tahun penjara

Ditulis 26 Feb 2010 - 08:39 oleh Banyumas1
|
Berita Kategori
Tak Berkategori
101
Dalam Tag

CILACAP – Setelah pada hari Rabu (24/02) majelis hakim Pengadilan Negeri Cilacap memvonis Bupati Cilacap nonaktif Probo Yulastoro dengan hukuman 9 tahun penjara, pada Kamis (25/02) majelis hakim Pengadilan Negeri Cilacap, menjatuhkan vonis lima tahun penjara kepada Kepala Dinas Pengelolaan Keuangan Daerah Kabupaten Cilacap (nonaktif) Fajar Subekti.

Menurut majelis hakim, terdakwa Fajar Subekti dinyatakan terbukti melakukan korupsi, yakni penyimpangan penggunaan dana operasional koordinasi penggalian dan peningkatan pendapatan daerah tahun anggaran 2005 serta penyimpangan dana kas daerah Cilacap dari dana bagi hasil PBB bagian pemerintah pusat tahun 2005, 2006, 2007, dan 2008.

Dalam persidangan, majelis hakim yang diketuai Sutrisni dengan anggota Irfanudin dan Agus Raharjo menyatakan, Fajar Subekti terbukti bersalah melakukan tindak pidana korupsi sebagaimana diatur dalam Pasal 2 ayat (1) juncto Pasal 16 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999.

Selain menjatuhkan vonis penjara, majelis hakim juga menghukum terdakwa untuk membayar denda sebesar Rp. 200 juta. Bila denda tersebut tidak dibayar, Fajar harus menggantinya dengan pidana kurungan selama enam bulan.

Hukuman yang diberikan majelis hakim lebih ringan satu tahun bila dibandingkan dengan tuntutan jaksa Gatot Guno Sembodo yang menuntut  terdakwa dijatuhi hukuman enam tahun penjara. Serangkaian sidang kasus korupsi yang melibatkan pejabat teras Cilacap mendapat perhatian dari masyarakat, terbukti dari jumlah pengunjung yang datang. (BNC/ist)

Tentang Penulis

Leave A Response