Amelia Naim: 7 aspek pembentuk pilar ‘Mendidik dengan Hati’

Ditulis 25 Feb 2010 - 23:32 oleh Banyumas1

PURWOKERTO – Ada tujuh aspek yang membentuk pilar-pilar Tarbiyah, mendidik dengan hati. Hal ini disampaikan Ir. Amelia Naim Indrajaya. MBA dalam Seminar nasional pendidikan “Mendidik dengan Hati” di Gedung BPD, Kamis pagi (25/02), yang diadakan dalam rangka Open House SMP Al-Irsyad Al-Islamiyyah Purwokerto, Kabupaten Banyumas.

Ketujuh aspek itu adalah (1) spiritual, (2) moral, (3) intelektual, (4) fisik, (5) interpersonal, (6) budaya dan (7) sosial. Aspek spiritual mencakup kekuatan Ilahiyah dalam berfikir, merasakan dan bertindak. Aspek Moral, ditunjukkan dengan penerapan suatu keyakinan dalam bentuk sikap yang menghasilkan karakter mulia. Sedangkan aspek intelektual adalah berupa pengetahuan yang bermakna dan bermanfaat yang dapat membawa kita lebih dekat kepada Allah.

Lebih lanjut, alumnus Teknik Industri ITB dan master di University of Colorado di Boulder USA, ini menjelaskan tentang aspek fisik, yaitu pentingnya hidup sehat dan pemahaman pandangan Islam tentang makanan, rokok, obat, dll yang berhubungan dengan fisik manusia. Mengenai aspek hubungan interpersonal dikatakan “komunikasi merupakan bahasan penting untuk melakukan hubungan interpersonal yang berkualitas”.

Dalam seminar yang dihadiri mayoritas kaum ibu itu, Amelia Naim yang aktif menulis ini kemudian menjelaskan aspek budaya, dimana dalam kehidupan keseharian harus searah dengan prinsip dan nilai-nilai, sehingga menjadi ‘pengarah’ secara kaffah (total) dalam budaya, tradisi, gaya hidup, integritas, dan tantangan perubahan di masa depan.

Terakhir aspek sosial, adalah aplikasi dari keseluruhan aspek pendidikan. “Setelah pelajar siap secara moral dan spiritual, mereka dapat memahami bahwa melayani sesame adalah ibadah dan merupakan salah satu bentuk pelayanan terhadap Allah”, kata Amelia Naim.

Amelia Naim n fam

Amelia Naim dan keluarga

Seminar nasional juga menghadirkan nara sumber Ratih Sanggarwati, mantan model yang kini aktif dalam kegiatan sosial pendidikan. (BNC/zen)

Tentang Penulis

Leave A Response