Mengenal Ranto Canyon, Obyek Wisata Seru di Salem Brebes

Ranto CanyonBerita musibah yang menimpa wisatawan di obyek wisata Ranto Canyon, yang terletak di Salem, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, tentu menjadi duka yang mendalam bagi keluarga korban. Darlina atau disapa Lina (21), ditemukan meninggal dunia, akibat hanyut terbawa arus sungai ketika melakukan kegiatan susur sungai.

Ia ditemukan di Kedung Royom, Desa Kedungmanis, Kecamatan Salem, pada Rabu sore pukul 16.00 (30/11/2016), berjarak 20 kilometer dari titik korban hanyut, setelah pencarian selama tiga hari oleh tim Search and Rescue (SAR) gabungan.

Di sisi lain, orang bertanya dimana lokasi obyek wisata itu, dan apa istimewanya?

Nama Ranto Canyon mengingatkan pada obyek wisata Green Canyon di Pangandaran, Jawa Barat. Design Ranto Canyon memang dikonsep seperti wisata Green Canyon yang sudah lebih dulu tersohor. Namun oleh masyarakat Salem sendiri lebih dikenal sebagai Leuwih Ranto. “Oh.. Leuwih Ranto?”, begitu jawaban orang Salem ketika ditanya tentang Ranto Canyon.

Apa aktifitas yang bisa dilakukan di Ranto Canyon? Sensasi dan keseruan apa yang bisa dinikmati di daerah barat daya Kabupaten Brebes ini?

screenshot_2016-12-01-18-45-35_1Banyak kegiatan seru, bahkan cenderung ekstrim, yang bisa dilakukan di Ranto Canyon. Anda bisa sekedar berenang, cliff jumping, atau body rafting. Susur sungai atau rafting menjadi favorit wisatawan, khususnya anak-anak muda.

Obyek wisata Ranto Canyon sendiri merupakan aliran sungai Winduasri, yang juga merupakan nama dari Desa lokasi obyek wisata Ranto Canyon.

screenshot_2016-12-01-18-45-13_1Dalam aktifitas susur sungai di Ranto Canyon, Anda akan menyusuri aliran sungai sepanjang 769 meter. Pemandangan tebing-tebing besar dan tinggi yang mengapit aliran sungai di kedua sisi sungai, akan Anda saksikan di sepanjang pengarungan. Formasi batuan yang sangat beragam menjadi pandangan mata yang super keren.

Keseruan Ranto Canyon sudah dimulai saat Anda ditantang menuruni batu dengan ketinggian sekitar 10 meter. Turun dengan menggunakan tali, ini kegiatan yang benar-benar memacu adrenalin. Anda yang penakut, terpaksa harus pulang tanpa menikmati asyiknya wisata Ranto Canyon.

Namun jangan khawatir, objek wisata Ranto Canyon juga menawarkan wisata berupa pemandangan alam yang mempesona, panorama atau lanskap yang aduhai. Di kawasan Ranto Canyon terdapat kebun teh, air terjun dan goa.

Kini tempat wisata yang menjadi salah satu yang terbaik di Brebes ini, sudah didukung dengan beragam fasilitas untuk kepuasan pengunjung.

Suatu saat Anda harus ke sana: Ranto Canyon, Salem, Brebes! (BNC/foto: fb)

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.