Lomba Cipta Menu Makanan Khas Banyumas, Angkat Menu Lokal

Ditulis 11 Nov 2016 - 19:28 oleh Banyumas1

dsc_0070BanyumasNews.com, PURWOKERTO – Berita kuliner Banyumas hari ini, Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Kabupaten Banyumas, menggelar Lomba Cipta Menu makanan khas Banyumas Rabu (9/11/2016), di Pendopo Sipanji Banyumas. Lomba diikuti perwakilan kecamatan, Dharma Wanita SKPD dan Organisasi Wanita di Kabupaten Banyumas dan Dahrma Wanita Bapeluh KP menjadi juara pertama.

Kepala Disperindagkop Drs. Junianto mengatakan lomba dimaksudkan untuk menggali, mengembangkan dan mengangkat kembali makanan khas daerah Banyumas, yang selama ini kalah pamor dengan makanan modern. “Kegiatan ini juga sekaligus sebagai bentuk sosialisasi kepada masyarakat luas, untuk memilih menu dan konsumsi makanan sehari yang berbasis kearifan lokal. Yakni, menu-menu yang diciptakan dengan modifikasi atau menggunakan resep khas daerah,” katanya.

Wakil Bupati Banyumas dr Budhi Setiawan mengatakan lomba ini akan mendorong dan meningkatkan kreativitas masyarakat, dalam menggali makanan khas Banyumas yang begitu banyak.

“Saat ini makanan khas Banyumas yang sudah sangat terkenal adalah getuk, mendoan dan sroto, saya berharap, makanan pemenang lomba ini nanti dapat dikembangkan menjadi masakan kuliner yang dicari oleh pencinta kuliner,” kata Wakil Bupati.

Wakil Bupati mencontohkan sejak kecil dirinya suka jajanan pasar seperti cingkik, oyek dan lain sebagainya, yang sekarang sulit ditemukan. Dengan lomba semacam ini, Wabub berharap akan menemukan tukang masak yang dapat membuat kreasi makanan tradisi itu menjadi makanan yang tetap disukai dengan gaya yang lebih modern.

Bertindak sebagai dewan juri Prof Dr Rifda Naufalin dari Universitas Jenderal Sudirman, serta Andriyati pengajar SMK N 3 Purwokerto dan Chef Riyadi dari Hotel Java Heritage. Chef Riyadi dari Hotel Jawa Heritage selaku juri, mengaku menemukan makanan lokal yang dikemas dan dimasak secara modern menjadi masakan layak kuliner.

“Selain cita rasa, kreatifitas, cara penyajian, kekhasan masakan Banyumas yang menonjolkan potensi lokal,” terangnya.

Peserta lomba cipta menu makanan khas Banyumas

Peserta lomba cipta menu makanan khas Banyumas

Dalam lomba tersebut, Ketua dan Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Ny. Erna Husein dan Lina Budhi Setiawan, ikut menyaksikan dan memberi motivasi kepada peserta.

Diakhir kegiatan, masakan oyek jagung cantel, dengan lauk gulai ares pisang masakan dari Dharma Wanita Bapeluh KP menjadi Juara 1, diikuti Tim Penggerak PKK Kecamatan Kembaran Juara 2 dan Juara 3 Kecamatan Ajibarang.

Sedangkan Juara Harapan 1 diraih oleh Dharma Wanita Dinporabudpar, sebagai Juara Harapan 2 Dinas SDA BM dan Juara 3 TP PKK Kecamatan Purwokerto Selatan. (BNC/pars)

 

Tentang Penulis

Leave A Response