Longsor Banyumas Makin Meluas

Longsor BanyumasBanyumasNews.com, BANYUMAS – Berita Banyumas hari ini, longsor yang melanda wilayah Banyumas, Jawa Tengah, makin meluas. Setidaknya ada lima titik longsor yang berada di empat kecamatan, yaitu di Kecamatan Gumelar, Ajibarang, Lumbir dan Pekuncen.

Sementara upaya evakuasi longsoran terkendala alat berat serta curah hujan yang masih tinggi. Menurut Koordinator Tagana Banyumas, Adi Chandra, puluhan kepala keluarga untuk sementara mengungsi ke rumah kerabat mereka yang aman.

Menurut informasi yang berhasil dihimpun, hujan deras yang masih kerap terjadi di wilayah Banyumas, mengakibatkan longsor kembali terjadi dan mengakibatkan tujuh rumah rusak berat dan ringan. Pada Rabu (26/10/2016) siang longsor terjadi di dua titik di desa Paningkaban, kecamatan Gumelar dan desa Dermaji, kecamatan Lumbir. Sebelumnya longsor terjadi di tiga desa di Kecamatan Ajibarang dan Pekuncen yang mengakibatkan enam rumah rusak.

“Dengan demikian sudah lima desa di empat kecamatan yang dilanda bencana longsor. Dari jumlah tersebut tiga belas rumah rusak, lima di antaranya rusak parah”, kata Adi.

Petugas gabungan dari Tagana, Basarnas, TNI/Polri dan warga masih terus melakukan upaya menyingkirkan tanah yang masuk ke rumah warga. “Namun upaya evakuasi tanah mengalami kendala karena harus menggunakan alat berat”, kata Darto, salah satu warga yang rumahnya terdampak longsor.

Sementara itu tercatat sepuluh kepala keluarga mengungsi ke rumah kerabat yang lebih aman. Mereka khawatir terjadi longsor susulan karena curah hujan yang masih tinggi di wilayah tersebut. (BNC/nan)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*